Timur Tengah

Suriah tembak jatuh satu jet Israel

Suriah tembak jatuh satu jet Israel
Ledakan kuat terdengar dalam waktu yang dekat menjelang fajar di Damaskus (al-Manar)

Sindonews.com - Televisi pemerintah Suriah memberitakan, Israel telah melancarkan serangan udara ke sebuah pusat penelitian militer di pinggiran Ibu Kota Damaskus, sebelum fajar, Minggu (5/5/2013). 

"Aksi terorisme yang dipraktekkan oleh Israel terhadap sebuah pusat penelitian militer hanyalah sebuah upaya putus asa untuk mengurangi tekanan pemberontak Suriah yang terus mendapat perlawanan berat dari tentara Suriah," sebut laporan stasiun televisi Pemerintah Suriah.

"Israel menggunakan serangan rudal untuk mendukung tindakan terorisme di Suriah dengan menargetkan sebuah pusat penelitian militer," lanjut laporan itu.

Media Suriah mengatakan, serangan udara Israel ditujukan untuk meningkatkan kondisi mental pemberontak yang terus mengalami kekalahan dalam sepekan terakhir. 

Sebuah ledakan mengguncang wilayah barat Jamraya hari ini, kemungkinan ada korban tewas dalam ledakan kuat tersebut. Menurut wartawan Xinhua, empat ledakan kuat terdengar dalam waktu yang dekat menjelang fajar di Damaskus.

Laporan yang sama juga dikatakan oleh pemantau Hak Asasi Manusia (HAM) Suriah yang berbasis di Inggris, telah terjadi ledakan besar di Jamraya.

Sementara itu, stasiun televisi Libanon, al-Manar mengutip sebuah sumber Keamanan Suriah mengatakan, bahwa pasukan pertahanan Suriah berhasil menembak salah satu jet tempur Israel yang ambil bagian dalam misi penyerangan tersebut.

Menurut al-Manar, selain menyerang pusat penelitian militer, jet Israel juga menargetkan depot senjata, dan tentara Suriah yang berada di belakang Gunung Qasioun.
 
Menanggapi pemberitaan serangan Israel ke Suriah, Shaul Mofaz anggota parlemen sekaligus mantan menteri pertahanan Israel mengatakan, tujuan dari serangan udara terhadap Damaskus adalah untuk menanggapi Iran dan menghalangi peningkatan kekuasaan Hizbullah.

(esn)

views: 2.425x
shadow