Siapakah Kate Forbes? Calon Pemimpin Skotlandia yang Sering Tersingkir

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:17 WIB
loading...
Siapakah Kate Forbes? Calon Pemimpin Skotlandia yang Sering Tersingkir
Kate Forbes diprediksi akan menjadi pemimpin Skotlandia. Foto/AP
A A A
EDINBURGH - Dalam karir politiknya yang relatif singkat, Kate Forbes sudah merasakan naik turunnya karir di Holyrood.

Dia menikmati peningkatan pesat menjadi menteri keuangan perempuan pertama di Skotlandia pada tahun 2020, namun kalah tipis dalam kontes kepemimpinan SNP tahun lalu oleh Humza Yousaf.

Sekarang ada spekulasi bahwa MSP yang merupakan anggota backbench dapat mengajukan tawaran kedua untuk jabatan puncak partainya.

Mantan menteri tersebut meninggalkan kabinet pada Maret 2023 setelah ditawari tugas urusan pedesaan oleh Yousaf, yang bisa dianggap sebagai penurunan pangkat besar-besaran.

Dia kemudian mengatakan kepada New Statesman bahwa dia "akan sulit menolak" tawaran untuk tetap menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Selama kampanye kepemimpinan SNP, Forbes mendapat kecaman karena pandangannya mengenai pernikahan gay, aborsi dan hak-hak trans.

MSP Skye, Lochaber dan Badenoch mendapat kritik lebih lanjut setelah mengatakan kepada Sky News bahwa memiliki anak di luar nikah adalah "salah" menurut keyakinannya sebagai anggota Gereja Bebas Skotlandia.

Namun dia menganggap kejujuran mengenai keyakinannya sebagai bagian penting dari dirinya, mengatakan kepada New Statesman bahwa dia akan "dihantui" jika dia tidak menjawab pertanyaan tentang pandangan agamanya dengan jujur selama kampanye.

Pada tahun 2018, Forbes mengatakan kepada National Prayer Breakfast for Scotland bahwa para politisi harus “menyadari bahwa cara kita memperlakukan kelompok yang paling rentan – baik yang belum lahir atau yang sakit parah – adalah ukuran kemajuan yang sebenarnya”.

Dia termasuk di antara 15 politisi SNP yang menulis surat terbuka kepada Ms Sturgeon pada tahun berikutnya, meminta penundaan reformasi pengakuan gender yang akan memungkinkan orang-orang di Skotlandia untuk mengidentifikasi jenis kelamin mereka sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)