Apa Itu Hamilton Hall di Universitas Columbia yang Jadi Pusat Aksi Mendukung Palestina?

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:21 WIB
loading...
Apa Itu Hamilton Hall di Universitas Columbia yang Jadi Pusat Aksi Mendukung Palestina?
Hamilton Hall menjadi pusat perjuangan mahasiswa pro-Palestina. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Hamilton Hall, gedung akademik di Universitas Columbia yang diduduki mahasiswa yang melakukan protes terhadap perang Israel di Gaza pada awal tanggal 30 April, memiliki sejarah panjang protes mahasiswa.

Selama setengah abad terakhir, para pelajar telah membuat barikade di sana sebagai bentuk protes terhadap momen-momen penting dalam sejarah, termasuk Perang Vietnam dan meningkatnya momentum global melawan apartheid di Afrika Selatan.

Para pengunjuk rasa menjuluki gedung itu “Mandela Hall” untuk menghormati pemimpin pembebasan Afrika Selatan selama blokade mahasiswa tahun 1985. Menggemakan protes tahun 1985, para mahasiswa yang mengambil alih gedung tersebut pada hari Selasa menamainya “Aula Hind” untuk menghormati Hind Rajab yang berusia enam tahun, yang dibunuh bersama keluarganya oleh pasukan Israel di Gaza.

Pada Rabu pagi, petugas polisi memasuki kampus, menahan puluhan orang dalam eskalasi terbaru antara protes pro-Palestina yang dipimpin mahasiswa dan otoritas penegak hukum.

Tindakan keras tersebut, seperti pengambilalihan Hamilton Hall oleh mahasiswa, sejalan dengan sejarah gedung tersebut sebagai tempat protes ikonik di Columbia.

Apa Itu Hamilton Hall di Universitas Columbia yang Jadi Pusat Aksi Mendukung Palestina?

1. Melambangkan Sistem Keuangan AS

Apa Itu Hamilton Hall di Universitas Columbia yang Jadi Pusat Aksi Mendukung Palestina?

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, aula ini diresmikan pada tahun 1907 sebagai gedung andalan dan masih menjadi kantor dekan.

“Ini adalah hari yang luar biasa bagi kampus,” kata Dekan John Howard Van Amringe saat itu. “Almamater kami mempunyai rumahnya sendiri - sebuah bangunan yang lebih megah dan indah, sebagaimana mestinya, lebih anggun dan penting dibandingkan bangunan lain mana pun di lingkungan universitas.”

Patung luar ruangan Alexander Hamilton, yang menjadi menteri keuangan pertama Amerika Serikat pada tahun 1789 dan pendiri sistem perbankan AS, berdiri dengan bangga di pintu masuk. Hamilton umumnya digambarkan sebagai seorang abolisionis. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas anti-perbudakannya mungkin telah dibesar-besarkan.

Di samping empat kantor departemen — Bahasa Jerman, Bahasa Slavia, Bahasa Klasik, dan Bahasa Italia — di sini terdapat Pusat Ras dan Etnis.

Renovasi yang dimulai pada tahun 2000 menghasilkan Pusat Kurikulum Inti baru, yang menampung departemen Humaniora Sastra, Peradaban Kontemporer, Humaniora Musik, Humaniora Seni, dan Kebudayaan Utama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)