Hamas Segera Tanggapi Proposal Gencatan Senjata Israel

Kamis, 02 Mei 2024 - 22:01 WIB
loading...
Hamas Segera Tanggapi Proposal Gencatan Senjata Israel
Wanita Palestina Asmaa Al-Belbasi, berjalan kembali ke tempat penampungannya setelah membeli roti dari toko roti Al-Sharq yang baru dibuka kembali, berjalan melewati reruntuhan rumah yang hancur akibat serangan militer Israel, di Kota Gaza, 24 April 2024.
A A A
JALUR GAZA - Seorang pejabat senior Hamas mengatakan gerakan tersebut akan menanggapi proposal gencatan senjata yang diajukan Israel “segera”.

Dia menekankan perlunya menyetujui gencatan senjata permanen. Usulan Israel mencakup gencatan senjata selama 40 hari dan pertukaran tahanan warga Israel yang ditahan di Gaza dengan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Suhail Al-Hindi mengatakan kepada Agence France-Presse pada Rabu (1/5/2024) bahwa Hamas akan menyampaikan tanggapannya dengan jelas dalam waktu yang sangat singkat, meskipun dia tidak mengatakan secara pasti kapan hal itu diperkirakan akan terjadi.

“Pemerintah Israel, yang menyampaikan tawaran terbarunya kepada Hamas melalui mediator Mesir akhir pekan lalu, mengharapkan tanggapan pada Rabu malam,” ungkap seorang pejabat kepada Times of Israel.

Sumber yang mengetahui perundingan tersebut mengatakan mediator Qatar mengharapkan tanggapan dari Hamas dalam satu atau dua hari.

Sumber tersebut mengklaim Israel telah membuat “konsesi” termasuk periode “tenang permanen” setelah penghentian awal pertempuran dan pertukaran tahanan. Namun, penarikan diri Israel dari Jalur Gaza masih menjadi kendala.

Al-Hindi menambahkan gerakan tersebut memiliki “keberatan” pada beberapa poin dalam proposal tersebut dan telah menyampaikan keberatan tersebut kepada pihak Mesir, namun diskusi terus berlanjut.



Dia menambahkan, “Ada kepentingan besar dari Hamas dan semua faksi perlawanan Palestina untuk mengakhiri perang gila terhadap rakyat Palestina, yang telah menghabiskan segalanya. Namun, itu tidak akan dikenakan biaya apa pun.”

“Hamas, dalam keadaan apa pun tidak boleh mengibarkan bendera putih atau menyerah pada syarat musuh Israel,” ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)