Godfather Ala Saudi, Cerita Kudeta yang Bawa Mohammed bin Salman ke Tampuk Kekuasaan

Kamis, 01 Desember 2022 - 14:18 WIB
loading...
A A A
Aljabri tidak berniat untuk kembali, tetapi juga berusaha meyakinkan MBS bahwa dia tidak menimbulkan ancaman. Dalam pesan-pesan yang dipenuhi kata-kata hampa, Aljabri berjanji setia kepada MBS.

“Saya memiliki banyak informasi negara yang sensitif, tetapi meskipun demikian saya tidak pernah membocorkan apa pun kepada siapa pun,” tulis Aljabri.

Sambil mengoceh tentang contoh kesetiaannya, dia menulis bahwa dia telah secara terbuka membantah klaim “Mujtahid”—seorang pembocor rahasia kerajaan secara anonim di Twitter yang telah lama menjadi duri di pihak keluarga kerajaan Saudi.

“Takdir apa yang menanti saya jika saya kembali [ke Saudi]? Bukankah lebih baik bagi saya untuk tetap berada di luar kerajaan, di mana saya tetap setia pada aturan Anda, menolak untuk mengatakan apa pun yang berbahaya...dan bekerja sama dengan Yang Mulia dalam segala hal yang bermanfaat bagi kebaikan bersama?"

MBS tidak tergerak. Dia mengirim SMS kepada Aljabri bahwa dia akan mengejarnya “menggunakan segala cara yang tersedia”.

Ancaman tersebut mendorong Aljabri untuk melarikan diri dari Turki ke Kanada akhir bulan itu.

Pada akhir 2017, Arab Saudi mencoba menangkap Aljabri melalui Interpol, menuduhnya telah mencuri dana negara senilai miliaran, dan menekan Kanada untuk menyerahkannya.

Kedua usaha itu gagal. Kemudian, pada Oktober 2018, menurut Aljabri, dia mendapat peringatan dari mata-mata di negara Timur Tengah, yang mengatakan kepadanya bahwa dia adalah target pembunuhan dan mendesaknya untuk menjauh dari kedutaan dan konsulat Saudi (Aljabri meminta nama negara dirahasiakan karena takut pembalasan Saudi).

Pada bulan yang sama, agen perbatasan Kanada diperkirakan telah mencegat dan mendeportasi anggota "Pasukan Harimau", tim pembunuh bayaran yang disponsori Saudi, saat mereka mencoba memasuki negara tersebut dengan visa turis.

Riyadh membantah keterlibatan apa pun tetapi dugaan plot, yang secara implisit diakui oleh otoritas Kanada, memiliki kemiripan yang mengerikan dengan cara "Pasukan Harimau" membunuh jurnalis pembangkang Jamal Khashoggi pada bulan yang sama di dalam misi diplomatik Saudi di Turki.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)