Godfather Ala Saudi, Cerita Kudeta yang Bawa Mohammed bin Salman ke Tampuk Kekuasaan

Kamis, 01 Desember 2022 - 14:18 WIB
loading...
A A A
Menurut sumber yang dekat dengan Pangeran MBN, saat tiba, petugas keamanannya diperintahkan untuk menunggu di luar. Untuk mencegah kebocoran, semua telepon seluler, termasuk milik pegawai istana, disita oleh penjaga setia MBS.

Salah satu anggota senior keluarga kerajaan, yang mencoba memasuki istana setelah MBN, ditolak di gerbang. Sang pangeran diduga diantar ke sebuah ruangan dengan Turki al-Sheikh, orang kepercayaan dekat MBS dengan sikap kasar, mengintimidasi, dan kegemaran akan jam tangan Richard Mille yang mahal. (Al-Sheikh kemudian dipromosikan untuk mengepalai Otoritas Hiburan Umum—sebuah agensi yang berupaya melunakkan citra Arab Saudi, antara lain, menjadi tuan rumah rave raksasa di padang pasir)

Al-Sheikh diduga mengurung MBN di kamar selama berjam-jam, menekannya untuk menandatangani surat pengunduran diri dan berjanji setia kepada MBS.

Awalnya, MBN menolak. Menurut salah satu sumber yang dekat dengan sang pangeran, dia diberitahu bahwa jika dia tidak menyerahkan klaimnya atas takhta, anggota keluarga perempuannya akan diperkosa.

Pengobatan MBN untuk hipertensi dan diabetes ditahan, dan dia diberi tahu bahwa jika dia tidak mundur dengan sukarela, tujuan selanjutnya adalah rumah sakit. Dia sangat takut diracun malam itu, kata sumber keluarga kerajaan lainnya, sehingga dia bahkan menolak untuk minum air.

MBN diizinkan untuk berbicara dengan dua pangeran di Dewan Kesetiaan, badan kerajaan yang meratifikasi garis suksesi.

Dia kaget mendengar bahwa mereka sudah mengajukan ke MBS.

Menjelang fajar, semuanya berakhir. Cemas dan lelah, MBN menyerah. Dia disuruh masuk ke kamar sebelah, tempat MBS menunggu dengan kamera televisi dan seorang penjaga membawa senjata.

Rekaman yang dirilis oleh penyiar Saudi menunjukkan sekilas al-Sheikh dengan tergesa-gesa menyelipkan jubah berpotongan emas di punggung pangeran yang ditahan.

Saat kamera berputar, MBS merayap mendekati sepupunya dan secara teatrikal membungkuk untuk mencium tangan dan lututnya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)