Godfather Ala Saudi, Cerita Kudeta yang Bawa Mohammed bin Salman ke Tampuk Kekuasaan

Kamis, 01 Desember 2022 - 14:18 WIB
loading...
Godfather Ala Saudi, Cerita Kudeta yang Bawa Mohammed bin Salman ke Tampuk Kekuasaan
Cerita kudeta istana di Kerajaan Arab Saudi yang membawa Pangeran Mohammed bin Salman telah muncul. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Nayef (MBN) ditahan sepanjang malam. Saat fajar menyingsing, dia terhuyung-huyung keluar dari istana raja di Makkah.

Pengawal pribadinya, yang membuntutinya kemana-mana, hilang. Pangeran dibawa ke mobil yang menunggu. Dia bebas untuk pergi—tetapi dia akan segera menemukan bahwa kebebasan tidak jauh berbeda dengan penahanan.

Saat mobilnya keluar dari gerbang istana, Pangeran MBN mengirim serangkaian pesan teks panik.

"Berhati-hatilah! Jangan kembali!” bunyi pesan Pangeran MBN kepada penasihatnya yang paling tepercaya, yang diam-diam menyelinap keluar dari Kerajaan Arab Saudi beberapa minggu sebelumnya.



Ketika Pangeran MBN sampai di istananya sendiri di kota pesisir Jeddah beberapa jam kemudian, dia menemukan penjaga baru yang menjaga properti itu. Jelas bahwa dia ditempatkan di bawah tahanan rumah.

“Semoga Tuhan membantu kita, doktor. Yang penting adalah Anda harus berhati-hati, dan dalam keadaan apa pun Anda tidak boleh kembali,” tulis Pangeran MBN kepada penasihatnya, yang dikutip Anuj Chopra dari The Guardian dalam tulisan panjangnya, Kamis (1/12/2022).

Malam sebelumnya, 20 Juni 2017, Pangeran MBN yang saat itu berstatus Putra Mahkota, dipaksa mundur sebagai pewaris takhta Arab Saudi dalam sebuah episode yang digambarkan oleh salah satu orang dalam kerajaan kepada Chopra sebagai "The Godfather, Saudi style".

MBN, keponakan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, yang mengawasi keamanan dalam negeri, adalah sekutu terdekat CIA di Arab Saudi.

Awal tahun itu, direktur CIA saat itu Mike Pompeo telah memberinya medali sebagai pengakuan atas upaya kontra-terorisme yang menyelamatkan nyawa orang Amerika.

Dua tahun sebelumnya, setelah Raja Salman memulai pemerintahannya, MBN diangkat menjadi putra mahkota pada usia 55 tahun, menempatkannya di urutan berikutnya atas takhta.

Namun di balik layar muncul persaingan sengit antara MBN dan sepupunya; putra Raja Salman, Mohammed bin Salman (MBS), yang bangkit dari ketidakjelasan menjadi wakil putra mahkota.



Sesaat sebelum kudeta istana, pada 5 Juni 2017, ketegangan antara para pangeran mencapai titik didih setelah MBS dan otokrat regional lainnya memberlakukan blokade hukuman terhadap negara tetangga; Qatar.

Emirat kecil yang kaya gas itu telah lama membuat marah tetangga-tetangga Arab-nya yang lebih besar dengan langkah-langkah provokatifnya, seperti menyiarkan para Islamis regional dan para pembangkang di saluran beritanya yang berpengaruh, Al Jazeera.

MBN juga memiliki masalah dengan Qatar, tetapi dia lebih memilih diplomasi diam-diam daripada pendekatan agresif ala MBS.

Di belakang punggung sepupunya, MBN membuka saluran rahasia dengan penguasa Qatar; Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani.

"Tamim menelepon saya hari ini, tetapi saya tidak menjawab," bunyi SMS Pangeran MBN kepada penasihatnya di puncak krisis.

"Saya ingin mengiriminya telepon terenkripsi untuk komunikasi."

Pada 20 Juni 2017, di tengah krisis itu, MBN dipanggil untuk pertemuan di istana Raja Salman di Makkah—sebuah bangunan raksasa berdinding marmer yang menghadap ke Kakbah, tempat suci paling suci dalam Islam.

Menurut sumber yang dekat dengan Pangeran MBN, saat tiba, petugas keamanannya diperintahkan untuk menunggu di luar. Untuk mencegah kebocoran, semua telepon seluler, termasuk milik pegawai istana, disita oleh penjaga setia MBS.

Salah satu anggota senior keluarga kerajaan, yang mencoba memasuki istana setelah MBN, ditolak di gerbang. Sang pangeran diduga diantar ke sebuah ruangan dengan Turki al-Sheikh, orang kepercayaan dekat MBS dengan sikap kasar, mengintimidasi, dan kegemaran akan jam tangan Richard Mille yang mahal. (Al-Sheikh kemudian dipromosikan untuk mengepalai Otoritas Hiburan Umum—sebuah agensi yang berupaya melunakkan citra Arab Saudi, antara lain, menjadi tuan rumah rave raksasa di padang pasir)

Al-Sheikh diduga mengurung MBN di kamar selama berjam-jam, menekannya untuk menandatangani surat pengunduran diri dan berjanji setia kepada MBS.

Awalnya, MBN menolak. Menurut salah satu sumber yang dekat dengan sang pangeran, dia diberitahu bahwa jika dia tidak menyerahkan klaimnya atas takhta, anggota keluarga perempuannya akan diperkosa.

Pengobatan MBN untuk hipertensi dan diabetes ditahan, dan dia diberi tahu bahwa jika dia tidak mundur dengan sukarela, tujuan selanjutnya adalah rumah sakit. Dia sangat takut diracun malam itu, kata sumber keluarga kerajaan lainnya, sehingga dia bahkan menolak untuk minum air.

MBN diizinkan untuk berbicara dengan dua pangeran di Dewan Kesetiaan, badan kerajaan yang meratifikasi garis suksesi.

Dia kaget mendengar bahwa mereka sudah mengajukan ke MBS.

Menjelang fajar, semuanya berakhir. Cemas dan lelah, MBN menyerah. Dia disuruh masuk ke kamar sebelah, tempat MBS menunggu dengan kamera televisi dan seorang penjaga membawa senjata.

Rekaman yang dirilis oleh penyiar Saudi menunjukkan sekilas al-Sheikh dengan tergesa-gesa menyelipkan jubah berpotongan emas di punggung pangeran yang ditahan.

Saat kamera berputar, MBS merayap mendekati sepupunya dan secara teatrikal membungkuk untuk mencium tangan dan lututnya.

"Ketika saya berjanji setia, ada senjata di punggung saya," tulis MBN kemudian dalam sebuah teks kepada penasihatnya.

Pada hari-hari berikutnya, poster MBN disingkirkan dari gedung-gedung publik.

MBS sekarang berada di urutan pertama takhta, dan secara efektif orang paling berkuasa di negara itu pada usia 31 tahun.

Raja Salman saat ini berusia 86 tahun dan tetap menjadi kepala negara, tetapi MBS menjadi penguasa sehari-hari, dengan kendali mutlak atas semua tuas keamanan Saudi, ekonomi dan minyak.

MBN, kesayangan intelijen AS, yang mengira dia akan menjadi penguasa Arab Saudi berikutnya, kini menjadi tawanan. Tapi baginya, yang lebih buruk akan datang.

Kudeta istana, dan permainan kekuasaan yang menyebabkannya, sebagian besar dikaburkan dari pandangan publik pada saat itu, dengan hanya potongan-potongan informasi—dan sedikit propaganda—yang bocor ke pers.

Media internasional, misalnya, diberi makan apa yang disebut oleh rekan-rekan MBN sebagai klaim palsu bahwa dia telah disingkirkan demi kepentingan nasional karena dia lumpuh karena kecanduan morfin dan kokain.

Mendapatkan kebenaran sangat sulit di negara di mana negara pengawasan sangat kuat sehingga beberapa orang Saudi meletakkan ponsel mereka di lemari es saat mendiskusikan hal-hal sensitif.

Kedutaan Arab Saudi di London dan Washington tidak menanggapi permintaan komentar untuk laporan ini. Tetapi laporan terperinci tentang peristiwa tahun 2017, dan akibatnya yang mengejutkan, sekarang dimungkinkan, berkat bocoran rahasia istana oleh beberapa bangsawan senior dan sumber-sumber lain yang memiliki hubungan baik yang telah dilucuti dari pengaruh dan kekayaan mereka oleh MBS dan, dalam kasus terburuk, dipenjara dan disiksa.

Kunci di antara sumber-sumber itu adalah seorang pria bernama Saad Aljabri, penasihat terdekat dan kepala intelijen MBN. Aljabri-lah yang dikirim MBN segera pergi dari Kerajaan Arab Saudi setelah dia dibebaskan dari istana raja, setelah kudeta.

Aljabri (63) telah lama beroperasi dalam bayang-bayang dan banyak orang yang bekerja dengannya menganggapnya orang non-kerajaan paling kuat di Arab Saudi.

Seorang mantan pejabat Amerika yang bekerja dengan Aljabri selama bertahun-tahun menggambarkannya sebagai "penghubung negara" antara Arab Saudi dan kekuatan Barat.

Pada tahun-tahun setelah serangan 9/11 di AS, Aljabri dipromosikan melalui jajaran Kementerian Dalam Negeri, akhirnya menjadi kepala operasi kontra-terorisme.

Bersama-sama, Aljabri dan pelindungnya, MBN, memodernisasi aparat keamanan dan pengawasan kerajaan. Mereka juga dituduh menargetkan aktivis damai dengan dalih kontra-terorisme.

Pesan teks antara MBN dan Aljabri pertama kali terungkap melalui pengajuan gugatan hukum di Amerika Utara dan keputusan Interpol yang menolak permintaan Saudi agar Aljabri ditangkap di luar negeri.

Pesan dalam dokumen tersebut diautentikasi oleh ahli forensik digital yang disewa oleh Norton Rose Fulbright, firma hukum internasional yang mewakili Aljabri, yang memiliki iPhone-nya.

Tim Aljabri secara terpisah membagikan kepada The Guardian beberapa pesan yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Selama beberapa dekade, takhta telah berpindah secara menyamping di antara putra-putra Abdulaziz al-Saud, pendiri negara Saudi modern, memastikan keseimbangan kekuatan yang halus antara berbagai cabang keluarga kerajaan yang luas.

Suksesi MBN akan melihat mahkota diturunkan ke generasi di bawahnya untuk pertama kalinya, menjaga keseimbangan yang rapuh di kerajaan. Namun kemudian terjadilah kudeta istana—yang tidak hanya menyingkirkan saingan utama MBS, tetapi juga menghancurkan model suksesi lama yang menghargai senioritas dan konsensus dalam keluarga, dengan mengatur peralihan kekuasaan langsung dari ayah ke anak laki-laki dalam satu cabang keluarga.

Itu memungkinkan MBS untuk mengumpulkan lebih banyak kekuatan daripada penguasa sebelumnya, bahkan sebelum dia secara resmi naik takhta.

Kudeta tersebut merupakan puncak permusuhan selama berbulan-bulan antara MBS dan MBN. Salah satu poin utama konflik adalah persaingan mereka untuk mendapatkan dukungan dari pemerintahan baru AS kala itu; Presiden Donald Trump.

Orang-orang yang dekat dengan MBN mengatakan dia diam-diam mendengarkan panggilan telepon MBS dengan para pembantu dan sekutunya seperti Jared Kushner, menantu Trump yang juga penasihat Gedung Putih.

Pengintaian membantunya melacak manuver MBS di Washington. Transkrip dari satu panggilan telepon yang disadap pada musim semi 2017, yang ditunjukkan MBN kepada Aljabri, menunjukkan bahwa MBS telah mendiskusikan suksesi kerajaan dengan Kushner.

Dalam telepon itu, MBS memberi tahu Kushner bahwa dia telah menjalin hubungan dekat dengan semua agensi AS "except three".

Saat Aljabri melihat transkripnya, dia mengartikan ketiga agensi tersebut adalah CIA, FBI, dan Badan Keamanan Nasional—institusi yang telah lama disukai MBN.

Bagi dia dan pelindungnya, jelas bahwa MBS tidak mencoba untuk mengonsolidasikan dukungan Amerika untuk suksesinya.

Pada Mei 2017, MBN mencoba membuat terobosan sendiri ke Gedung Putih. Dia menyewa Sonoran Policy Group, sebuah perusahaan lobi di Washington yang memiliki hubungan dekat dengan tim Trump.

Sonoran—yang sejak itu berganti nama menjadi Stryk Global Diplomacy setelah ketuanya, pelobi Robert Stryk—dipekerjakan untuk menyediakan "layanan penasihat luas" kementerian dalam negeri MBN di Washington.

MBN, kata orang-orang yang dekat dengannya, memahami bahwa catatan masa lalunya tidak berarti banyak dengan presiden yang "kurang ajar" dan tidak konvensional yang akan terus memiliki hubungan yang tegang dengan komunitas intelijen AS.

MBN ingin memberi kesan kepada presiden baru bahwa dia bukan hanya mitra lama, tetapi juga mitra yang lebih berharga daripada sepupunya.

Aljabri terlibat langsung dalam negosiasi kontrak lobi senilai USD5,4 juta atas nama kementerian.

Saat berita kontrak menyebar, Aljabri takut terjebak di antara para pangeran yang bertikai.

Pada Mei 2017, dia diam-diam menyelinap ke Turki, hanya beberapa hari sebelum Trump dijadwalkan mengunjungi Riyadh.

Ketakutan Aljabri sangat beralasan. Segera setelah dia pergi, Aljabri mengatakan dia mendapat kabar bahwa penandatangan utama kontrak—seorang petugas dinas rahasia di bawah MBN—ditahan oleh loyalis MBS dan diinterogasi tentang upaya lobi.

Pada 4 Juni 2017, Aljabri mengirim SMS kepada Abdulaziz Howairini, seorang pejabat keamanan veteran, untuk menanyakan apakah dia harus melanjutkan "puasa dalam cuaca dingin", referensi kode untuk tetap tinggal di Turki.

Howairini, yang sekarang melapor ke MBS, menjawab bahwa dia harus melakukannya.

Pada 17 Juni, Howairini mengirim SMS lain ke Aljabri, memperingatkannya bahwa loyalis MBS “sangat ingin” menahannya juga.
Sementara itu, penolakan keras dari MBS memaksa MBN membatalkan kontrak Stryk.

Menurut Aljabri, Nayef memperingatkannya bahwa MBS telah melihat kontrak tersebut sebagai plot untuk merusak hubungannya dengan keluarga Trump dan "keluar darah".

Pada 18 Juni, Aljabri tiba-tiba menerima SMS dari MBS, memintanya kembali ke Arab Saudi untuk membantu menyelesaikan “konflik” yang tidak ditentukan dengan MBN.

“Saya tidak berpikir ada orang yang memahami [MBN] lebih baik dari Anda,” tulis MBS, nadanya sangat berdamai.

Ada pertikaian antara MBS dan Aljabri sejak 2015, ketika Raja Salman, tampaknya atas desakan sang pangeran, memecat Aljabri dari posisinya karena diam-diam bertemu dengan direktur CIA saat itu John Brennan dan Menteri Luar Negeri Inggris saat itu Philip Hammond tanpa melaporkan pertemuan tersebut kepada monarki.

Namun, Aljabri terus bekerja dengan MBN secara informal, memandang pemecatannya sebagai salah satu dari banyak upaya MBS untuk melemahkan pelindungnya.

“Mari kita lupakan masa lalu,” tegas MBS. “Apakah kita anak-anak hari ini? Maafkan saya dan bebaskan saya dari hadapan Tuhan. Kapan Anda kembali?"

Aljabri menjawab bahwa dia harus pergi untuk perawatan medis.

Dua hari kemudian, MBS melancarkan kudeta.

Beberapa bulan setelah kudeta, Aljabri terus bersembunyi di Turki. Keluarga dekatnya ada bersamanya, kecuali dua anaknya yang, pada hari kudeta, dicegah naik pesawat di Riyadh.

Dia diam-diam tetap berhubungan dengan MBN yang gerak-geriknya dibatasi. Sementara itu, MBS bergerak cepat untuk memperketat cengkeramannya pada dinas keamanan, termasuk kementerian dalam negeri, yang dicopot dari loyalis MBN dan fungsi-fungsi utamanya seperti kontra-terorisme.

MBS turun tangan ketika ada tanda-tanda perbedaan pendapat publik. Dalam tindakan keras pertamanya setelah kudeta, ulama dan intelektual berpengaruh dengan pengikut media sosial yang besar ditangkap pada September 2017.

Pada bulan yang sama, Aljabri memohon kepada MBS untuk mengizinkan anak-anaknya meninggalkan Arab Saudi. Namun MBS bersikeras agar Aljabri kembali terlebih dahulu untuk membahas “berkas yang sangat sensitif” terkait MBN.

"Doktor, kemana kami harus mengirim pesawat untuk menjemput Anda?" tanya MBS dalam pesan teks.

Aljabri tidak berniat untuk kembali, tetapi juga berusaha meyakinkan MBS bahwa dia tidak menimbulkan ancaman. Dalam pesan-pesan yang dipenuhi kata-kata hampa, Aljabri berjanji setia kepada MBS.

“Saya memiliki banyak informasi negara yang sensitif, tetapi meskipun demikian saya tidak pernah membocorkan apa pun kepada siapa pun,” tulis Aljabri.

Sambil mengoceh tentang contoh kesetiaannya, dia menulis bahwa dia telah secara terbuka membantah klaim “Mujtahid”—seorang pembocor rahasia kerajaan secara anonim di Twitter yang telah lama menjadi duri di pihak keluarga kerajaan Saudi.

“Takdir apa yang menanti saya jika saya kembali [ke Saudi]? Bukankah lebih baik bagi saya untuk tetap berada di luar kerajaan, di mana saya tetap setia pada aturan Anda, menolak untuk mengatakan apa pun yang berbahaya...dan bekerja sama dengan Yang Mulia dalam segala hal yang bermanfaat bagi kebaikan bersama?"

MBS tidak tergerak. Dia mengirim SMS kepada Aljabri bahwa dia akan mengejarnya “menggunakan segala cara yang tersedia”.

Ancaman tersebut mendorong Aljabri untuk melarikan diri dari Turki ke Kanada akhir bulan itu.

Pada akhir 2017, Arab Saudi mencoba menangkap Aljabri melalui Interpol, menuduhnya telah mencuri dana negara senilai miliaran, dan menekan Kanada untuk menyerahkannya.

Kedua usaha itu gagal. Kemudian, pada Oktober 2018, menurut Aljabri, dia mendapat peringatan dari mata-mata di negara Timur Tengah, yang mengatakan kepadanya bahwa dia adalah target pembunuhan dan mendesaknya untuk menjauh dari kedutaan dan konsulat Saudi (Aljabri meminta nama negara dirahasiakan karena takut pembalasan Saudi).

Pada bulan yang sama, agen perbatasan Kanada diperkirakan telah mencegat dan mendeportasi anggota "Pasukan Harimau", tim pembunuh bayaran yang disponsori Saudi, saat mereka mencoba memasuki negara tersebut dengan visa turis.

Riyadh membantah keterlibatan apa pun tetapi dugaan plot, yang secara implisit diakui oleh otoritas Kanada, memiliki kemiripan yang mengerikan dengan cara "Pasukan Harimau" membunuh jurnalis pembangkang Jamal Khashoggi pada bulan yang sama di dalam misi diplomatik Saudi di Turki.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)