Silsilah Raja Arab Saudi, dari yang Ditembak Mati hingga yang Hafal Alquran

Sabtu, 05 Februari 2022 - 15:43 WIB
loading...
A A A
Atas jasa kemanusiaannya, dia telah dianugerahi banyak medali dan penghargaan, termasuk penghargaan dari Bahrain, Bosnia dan Herzegovina, Prancis, Maroko, Palestina, Filipina, Senegal, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Yaman, dan Medali Raja Abdulaziz–Kelas Satu.

Dia adalah penerima beberapa gelar kehormatan dan penghargaan akademik, termasuk gelar doktor kehormatan dari Universitas Islam Madinah, penghargaan akademik Pangeran Salman, dan Medali Kant oleh Akademi Ilmu Pengetahuan dan Humaniora Berlin-Brandenburg sebagai penghargaan atas kontribusinya pada bidang sains.

Selama kunjungan resmi ke Amerika Serikat pada April 2012, Raja Salman bertemu dengan Presiden Barack Obama dan sejumlah pejabat AS.

Raja Arab Saudi ini juga pernah berkunjung ke Indonesia pada Maret 2017 silam.

Kunjungannya saat itu menjadi pusat perhatian publik di negara ini karena fasilitas mewah yang menyertainya.

Mengutip laporan pers lokal yang dilansir CNN, Raja Salman menerima pendidikan awal di Prince's School dan merayakan selesainya menghafal seluruh Alquran pada hari Minggu, 12/8/1364 H. Dia hafal Alquran pada usia 12 tahun.

Penghafal Alquran dipandang dengan kehormatan dan penghargaan tertinggi dalam masyarakat Muslim.

Setelah menyelesaikan hafalan Alquran, Raja Salman belajar agama dan ilmu pengetahuan modern di lembaga yang sama yang didirikan oleh ayahnya; Raja Abdulaziz al-Saud, pada tahun 1356 untuk memberikan pendidikan bagi anak-anaknya.

Sebagai presiden "Prince Salman Prize for Memorizing Quran" untuk anak laki-laki dan perempuan di Arab Saudi, dia mendorong sesama warga untuk belajar dan menghafal Alquran.

Sebagai penganut setia ajaran Alquran, Raja Salman pernah mengatakan dalam salah satu pidatonya: "Alquran adalah salah satu karunia besar yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada umat Islam, dan ketika kita mematuhi ajaran Alquran kita akan tetap dihormati dan kuat, dan jika kita gagal melakukannya maka kita akan dipermalukan dan terpecah belah.”
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)