Silsilah Raja Arab Saudi, dari yang Ditembak Mati hingga yang Hafal Alquran

Sabtu, 05 Februari 2022 - 15:43 WIB
loading...
A A A
Di panggung internasional, Raja Khalid adalah penggerak utama dalam pembentukan Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) pada tahun 1981, sebuah organisasi yang mempromosikan kerja sama ekonomi dan keamanan di antara enam negara anggotanya: Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

5. Raja Fahd (1982-2005)
Silsilah Raja Arab Saudi, dari yang Ditembak Mati hingga yang Hafal Alquran

Foto/Wikipedia

Di bawah Raja Fahd bin Abdulaziz, yang mengadopsi gelar Penjaga Dua Masjid Suci, Arab Saudi melanjutkan pembangunan sosial ekonomi yang luar biasa dan muncul sebagai kekuatan politik dan ekonomi terkemuka.

Raja Fahd adalah pusat upaya Arab Saudi untuk mendiversifikasi ekonominya dan mempromosikan perusahaan swasta dan investasi. Dia merestrukturisasi pemerintah Saudi dan menyetujui pemilihan kotamadya nasional pertama, yang berlangsung pada tahun 2005.

Salah satu pencapaian terbesar Raja Fahd di Arab Saudi adalah serangkaian proyek untuk memperluas fasilitas kerajaan untuk menampung jutaan peziarah yang datang ke negara itu setiap tahun.

Proyek-proyeknya melibatkan ekspansi besar-besaran dari dua situs tersuci Islam, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, serta bandara dan pelabuhan.

Di kancah internasional, Raja Fahd bekerja secara aktif untuk menyelesaikan krisis regional dan global. Krisis ini termasuk konflik Arab-Palestina, invasi Irak ke Kuwait, perang saudara Lebanon di samping konflik di Bosnia-Herzegovina, Kosovo, Chechnya, Afghanistan, Somalia dan Kashmir.

Ketika menjadi Putra Mahkota pada tahun 1981, dia mengusulkan delapan poin rencana untuk menyelesaikan konflik Arab-Israel dan memberikan Palestina sebuah negara merdeka.

Rencana tersebut dianggap sebagai salah satu upaya pertama untuk menemukan penyelesaian yang adil dan langgeng yang mempertimbangkan kebutuhan Arab dan Israel.

Itu diadopsi dengan suara bulat oleh Liga Arab pada pertemuan puncak di Fez, Maroko pada tahun 1982.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)