Silsilah Raja Arab Saudi, dari yang Ditembak Mati hingga yang Hafal Alquran

Sabtu, 05 Februari 2022 - 15:43 WIB
loading...
A A A
Dari sana, Abdulrahman dan keluarganya melakukan perjalanan ke Kuwait, di mana mereka tinggal sampai tahun 1902. Bersamanya adalah putranya yang masih kecil, Abdulaziz, yang telah menjadikan dirinya sebagai pemimpin alami dan pejuang yang tangguh untuk tujuan Islam.

Abdulaziz bin Abdulrahman bin Faisal al-Saud tumbuh dan mendirikan Kerajaan Arab Saudi modern. Di tangannya, transformasi kerajaan ini sangat mencengangkan. Dia lebih dikenal sebagai Raja Abdulaziz al-Saud, raja pertama Kerajaan Arab Saudi.

Abdulaziz muda bertekad untuk mendapatkan kembali warisannya dari keluarga Al-Rasyid, yang telah mengambil alih Riyadh dan mendirikan gubernur dan garnisun di sana.

Pada tahun 1902, Abdulaziz dengan hanya 40 pengikutnya melakukan pawai malam yang berani ke Riyadh untuk merebut kembali garnisun kota, yang dikenal sebagai Benteng Masmak. Peristiwa legendaris ini menandai awal terbentuknya negara atau kerajaan Saudi modern.

Setelah mendirikan Riyadh sebagai markas besarnya, Abdulaziz merebut semua Hijaz, termasuk Makkah dan Madinah, pada tahun 1924 hingga 1925. Dalam prosesnya, dia menyatukan suku-suku yang bertikai menjadi satu negara.

Pada tanggal 23 September 1932, negara itu dinamai Kerajaan Arab Saudi, sebuah negara Islam dengan bahasa Arab sebagai bahasa nasionalnya dan Alquran sebagai konstitusinya.

Mengutip laman House of Saud, berikut silsilah raja Kerajaan Arab Saudi secara lengkap:

1. Raja Abdulaziz (1932-1953)
Silsilah Raja Arab Saudi, dari yang Ditembak Mati hingga yang Hafal Alquran

Foto/Wikipedia

Raja Abdulaziz yang legendaris adalah pemimpin imajinasi dan visi yang luar biasa yang menetapkan Arab Saudi atau yang dikenal di dunia internasional sebagai Saudi Arabia di jalan menuju modernisasi.

Selama pemerintahannya, Raja Abdulaziz mulai membangun infrastruktur negara. Dia mendirikan jalan dan sistem komunikasi dasar, memperkenalkan teknologi modern, dan meningkatkan pendidikan, perawatan kesehatan dan pertanian.

Meskipun Raja Abdulaziz tidak pernah bepergian ke luar dunia Arab, dia adalah seorang negarawan yang sangat canggih.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)