China Dilaporkan Mampu Lacak Jet Tempur Siluman F-22 dan F-35 AS dengan Starlink

Minggu, 15 September 2024 - 09:19 WIB
loading...
A A A
Eksperimen para ilmuwan China tersebut dapat sangat mengikis keunggulan Amerika dalam hal teknologi siluman dan memungkinkan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) untuk menembak jatuh jet tempur AS, jika klaim tersebut terbukti.

Cara China Deteksi F-35 dengan Starlink


Laporan dari tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Yi Jianxin dari Sekolah Informasi Elektronik Universitas Wuhan menunjukkan bahwa pesawat siluman, seperti F-22 Raptor AS, menggunakan lapisan penyerap dan bentuk geometris tertentu untuk meminimalkan pantulan gelombang elektromagnetik, yang memungkinkan mereka menipu sistem radar.



Namun, Yi dan timnya menulis dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada tanggal 26 Agustus di Journal of Signal Processing bahwa jika stasiun radar menggunakan sinyal satelit Starlink yang kuat dan hampir universal, kemampuan deteksinya dapat "tidak terpengaruh oleh bentuk tiga dimensi dan material permukaan target."

“Ini akan memberikan keuntungan signifikan dalam mendeteksi target kecil dan siluman," kata tim tersebut.

Selain itu, saat beroperasi, posisi radar militer biasa terlihat oleh musuh, sehingga memungkinkan mereka menjadi target. Namun Yi dan rekan-rekannya menulis dalam jurnal tersebut bahwa, "dengan menggunakan sumber radiasi pihak ketiga, sistem radar dapat memiliki kemampuan penyembunyian dan anti-pengacauan yang ditingkatkan.”

Pusat Pemantauan Radio Negara milik pemerintah China mengawasi eksperimen tersebut, dan temuan tersebut menjalani tinjauan sejawat sebelum dirilis.

Tim ilmuwan China mengatakan bahwa pesawat itu dapat menyebarkan sebagian gelombang elektromagnetik yang disiarkan satelit komunikasi saat terbang di atas wilayah udara antara satelit dan antena darat. Ini pada dasarnya berarti bahwa gelombang ini, yang juga dikenal sebagai “hamburan maju”, dapat menghalangi sinyal komunikasi reguler.

Dengan menganalisis gangguan kecil ini, para ilmuwan dapat menemukan dan memantau target yang diinginkan.

SpaceX dikenal memiliki jaringan satelit terluas di orbit Bumi rendah. Lebih dari 6.000 satelit dalam konstelasi besar yang dibuat oleh SpaceX ini telah menghasilkan sinyal radio frekuensi tinggi untuk memungkinkan kecepatan internet hingga 220 Mbps.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)