China Dilaporkan Mampu Lacak Jet Tempur Siluman F-22 dan F-35 AS dengan Starlink

Minggu, 15 September 2024 - 09:19 WIB
loading...
China Dilaporkan Mampu...
China dilaporkan mampu lacak jet tempur siluman F-22 dan F-35 AS dengan jaringan satelit Starlink milik Elon Musk. Foto/Lockheed Martin/Jonathan Case
A A A
BEIJING - China dilaporkan telah mampu melacak jet tempur siluman F-22 Raptor dan F-35 Lightning II Amerika Serikat (AS) dengan menggunakan jaringan satelit Starlink milik miliarder Elon Musk.

Mengutip EurAsian Times, Minggu (15/9/2024), laporan mereka berdasarkan eksperimen para ilmuwan China.

Beijing telah lama menyatakan kekhawatiran bahwa Washington dapat menggunakan jaringan satelit Starlink jika terjadi kemungkinan darurat di wilayah China. Namun, dengan eksperimen para ilmuwannya China dapat memanfaatkan balik Starlink untuk keuntungannya sendiri.

Sebagai bagian dari eksperimen tersebut, kelompok ilmuwan itu meluncurkan pesawat nirawak DJI Phantom 4 Pro di lepas pantai Guangdong. Pesawat nirawak itu kira-kira seukuran burung dan memiliki penampang radar yang mirip dengan pesawat tempur siluman.



Meskipun memiliki karakteristik siluman (anti-deteksi radar), target tersebut tiba-tiba muncul di layar meskipun radar berbasis darat tidak memancarkan gelombang radio yang akan menghasilkan gema.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa hal ini dimungkinkan karena pesawat nirawak itu diterangi oleh radiasi elektromagnetik dari satelit Starlink yang melintasi Filipina.

Kemampuan ini, lanjut laporan tersebut, belum pernah ditunjukkan oleh negara lain mana pun.

Jika eksperimen semacam itu terbukti, China kemungkinan akan memperoleh keuntungan tempur yang belum pernah terjadi sebelumnya atas musuh dan saingannya, Amerika Serikat, yang memiliki persediaan pesawat tempur siluman yang cukup besar, seperti F-22 Raptor dan F-35 Lightning II, serta pesawat pengebom siluman.

Dalam konflik antara China dan Amerika Serikat, Washington kemungkinan akan berupaya menembus wilayah udara China menggunakan pesawat tempur siluman tak terdeteksi yang canggih.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)