Siapa GRU 29155? Unit Militer Rusia yang Dituding Menyebar Sindrom Havana kepada Para Pejabat AS

Senin, 01 April 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
“Dan selalu ada hubungan dengan Rusia,” kata Edgreen, berbicara secara terbuka untuk pertama kalinya mengenai masalah ini dalam acara “60 Minutes” yang diadakan pada hari Minggu. “Ada beberapa sudut pandang di mana mereka bekerja melawan Rusia, fokus pada Rusia, dan melakukannya dengan sangat baik.”

3. Agen FBI, CIA dan Diplomat Juga Terkena Sindrom Havana

Siapa GRU 29155? Unit Militer Rusia yang Dituding Menyebar Sindrom Havana kepada Para Pejabat AS

Foto/Reuters

Mark Zaid, seorang pengacara dengan izin keamanan yang mewakili lebih dari dua puluh klien dengan gejala sindrom Havana, termasuk dari FBI, CIA dan Departemen Luar Negeri, mengatakan ada bukti bahwa pemerintah “menutup-nutupi” yang melibatkan “jalur penyelidikan yang berpotensi membawa kita ke jawaban yang tidak ingin kami tangani."

Dia mengatakan kepada Pelley bahwa hal yang umum di antara personel FBI yang terkena dampak adalah bahwa "sebagian besar, jika tidak semua, klien saya selain anggota keluarga yang terkait dengan karyawan tersebut ... semuanya melakukan sesuatu yang berhubungan dengan Rusia."

4. Menyebar di Kuba hingga China

Siapa GRU 29155? Unit Militer Rusia yang Dituding Menyebar Sindrom Havana kepada Para Pejabat AS

Foto/Reuters

Dua studi besar Institut Kesehatan Nasional yang dilakukan bulan ini memeriksa kondisi lebih dari 80 pegawai pemerintah dan anggota keluarga yang mengalami "insiden kesehatan yang tidak wajar" di berbagai lokasi termasuk AS, Kuba, China, dan Austria tidak menemukan bukti yang konsisten mengenai cedera otak.

David Relman, seorang ilmuwan Universitas Stanford yang memimpin penelitian sebelumnya mengenai kondisi ini, mempermasalahkan temuan penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association, dalam editorial yang menyertainya.

Dia mencatat dua penelitian sebelumnya yang dia ikuti "menemukan kasus-kasus dengan fenomena sensorik yang terjadi secara tiba-tiba dan bergantung pada lokasi, tidak seperti kelainan apa pun yang dilaporkan dalam literatur neurologis atau medis umum, dan berpotensi disebabkan oleh mekanisme eksternal."

Ketika dimintai komentar, perwakilan Kantor Direktur Intelijen Nasional mengarahkan Axios ke bagian Penilaian Ancaman Tahunan, yang diterbitkan pada bulan Februari, yang membahas AHI.

Pernyataan tersebut menyatakan bahwa kantor tersebut sedang memeriksa AHI dengan cermat dan mencatat bahwa sebagian besar "lembaga intelijen telah menyimpulkan bahwa sangat kecil kemungkinannya ada musuh asing yang bertanggung jawab" atas kondisi tersebut.

Badan-badan tersebut “memiliki tingkat kepercayaan yang berbeda-beda karena kita masih memiliki kesenjangan mengingat tantangan yang dihadapi dalam mengumpulkan musuh asing,” catat laporan tersebut.

Para pejabat Rusia belum mengomentari laporan tersebut, dan perwakilan FBI, Gedung Putih, dan Departemen Luar Negeri belum segera memberikan komentar dengan tepat menanggapi permintaan komentar Axios.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)