Penasihat Keamanan Nasional AS Temui Pangeran Mohammed bin Salman, Bahas Perang Gaza

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:56 WIB
loading...
Penasihat Keamanan Nasional AS Temui Pangeran Mohammed bin Salman, Bahas Perang Gaza
Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, membahas perang Israel-Hamas di Gaza. Foto/Business Recorder
A A A
RIYADH - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan telah melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di kota Dhahran. Keduanya membahas perang Israel-Hamas di Gaza.

Menurut laporan Saudi Press Agency (SPA), Minggu (19/5/2024), Sullivan dan Pangeran Mohammed juga berupaya menyelesaikan perjanjian bilateral yang luas.

“Pertemuan di kota Dhahran termasuk meninjau versi semi-final rancangan perjanjian strategis antara kedua negara, yang hampir diselesaikan,” bunyi laporan tersebut.



Pemimpin de facto Saudi dan asisten keamanan utama Presiden Joe Biden juga membahas perlunya menemukan “jalur yang kredibel untuk mewujudkan solusi dua negara” bagi Israel dan Palestina. ”Dan menghentikan perang di Gaza serta memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan,” lanjut laporan SPA.

Pemerintahan Biden dan Arab Saudi telah berupaya untuk menyelesaikan perjanjian mengenai jaminan keamanan AS dan bantuan nuklir untuk sipil, menurut laporan Reuters awal bulan ini, yang menambahkan bahwa kesepakatan normalisasi Israel-Saudi diharapkan sebagai bagian dari “tawar-menawar besar” di Timur Tengah yang masih sulit dicapai.

Gedung Putih mengatakan pada hari Jumat bahwa Sullivan akan mengunjungi Arab Saudi dan Israel untuk membahas masalah bilateral dan regional, termasuk krisis Gaza dan upaya untuk mencapai perdamaian dan keamanan abadi di wilayah tersebut.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)
pixels