Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru dan Prancis?

Senin, 20 Mei 2024 - 21:40 WIB
loading...
Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru dan Prancis?
Kaledonia Baru memiliki hubungan yang kompleks dan rumit dengan Prancis. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Ambisi Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memperdalam pengaruh Prancis di Pasifik, tempat China memperluas hubungan keamanannya, dapat terancam oleh respons keras terhadap kerusuhan sipil di Kaledonia Baru, Pasifik.

Kerusuhan mematikan meletus minggu ini di kalangan penduduk asli Kanak, setelah Paris mengubah peraturan pemungutan suara untuk memungkinkan lebih banyak warga Prancis untuk bergabung dalam daftar pemilih di wilayah Pasifik. Kekerasan dan kedatangan ratusan polisi dari Paris menghidupkan kembali kepekaan regional terhadap kolonialisme.

Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru dan Prancis?

1. Pengaruh Prancis di Kaledonia Baru Diganggu China

Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru dan Prancis?

Foto/Reuters

Analis dari Australian National University Pacific, Graeme Smith, mengatakan tindakan keras yang dilakukan polisi Prancis di Noumea dapat memperkuat persenjataan China atas warisan kolonial negara-negara Barat di Pasifik – yang mencakup uji coba nuklir Prancis dan Amerika.

“Ini akan berjalan sangat baik karena China telah menemukan beberapa sejarah kolonial di Pasifik,” katanya.

Beijing telah berupaya memperdalam hubungan keamanannya di Kepulauan Pasifik, yang berlokasi strategis antara Amerika Serikat dan Asia, dengan keberhasilan yang beragam.

Setelah membuat pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon pada tahun 2022 yang membuat Washington khawatir, Beijing gagal mencapai kesepakatan perdagangan dan keamanan di seluruh Pasifik.

China mengalihkan perhatian dan dukungan finansial ke sub-kelompok, Melanesian Spearhead Group, yang dibentuk pada tahun 1986 untuk mendukung dekolonisasi negara-negara Melanesia yang masih berada di bawah kekuasaan kolonial, terutama Front de Liberation Nationale Kanak et Socialiste (FLNKS) di Kaledonia Baru.

Anggota-anggotanya, Papua Nugini, Fiji, Vanuatu, dan Kepulauan Solomon, berada di pusat perebutan pengaruh antara Tiongkok dan A.S. serta sekutunya, termasuk Australia dan Prancis.

Pada bulan Juli, Macron melakukan kunjungan pertama ke Vanuatu oleh pemimpin erancis sejak negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Prancis dan Inggris pada tahun 1980, dalam pidatonya ia memperingatkan menentang “imperialisme baru” China.

China adalah kreditor eksternal terbesar di Vanuatu, dan perdana menterinya digulingkan oleh anggota parlemen pada bulan berikutnya, sebagian karena mengabaikan kebijakan luar negeri Vanuatu yang tidak selaras.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)
pixels