10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Sabtu, 15 Juli 2023 - 19:25 WIB
loading...
A A A
Tidak seperti negara Asia Timur lainnya, sebagian besar warga Korea Utara hidup dalam kemiskinan, meskipun tingkat melek huruf di negara tersebut tinggi. Infrastrukturnya tidak berkembang dengan baik. Sangat sedikit orang yang memiliki mobil dan hanya ada penerbangan komersial ke dua negara lain, Rusia dan China.

Warganya jarang diizinkan bepergian ke luar Korea Utara. Akses ke perawatan medis tingkat lanjut juga jarang terjadi di sana. Namun, negara tersebut mengklaim memiliki tempat tidur rumah sakit per kapita terbanyak di dunia. Terlepas dari kurangnya kemajuan teknologi, persenjataan Korea Utara lebih maju daripada kebanyakan negara, karena memiliki bom atom.


2. Bhutan

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Bhutan adalah negara yang sangat unik yang terletak di Himalaya, antara China dan India. Meskipun Nepal adalah negara lain di kawasan ini dengan geografi yang serupa, bahasa Indo-Eropa asli mereka tidak ada hubungannya dengan bahasa yang digunakan di Bhutan. Selain itu, Nepal mayoritas beragama Hindu dan penduduknya memiliki keturunan Asia Timur yang jauh lebih sedikit.

Dzongkha, bahasa resmi di Bhutan memiliki hubungan jauh dengan bahasa Tionghoa. Namun, itu ditulis dalam aksara Tibet yang terkait dengan sistem penulisan tradisional lain yang digunakan di India.

Sebagian besar penduduknya mempraktikkan Buddhisme Vajrayana, sebuah denominasi unik yang hanya tersebar luas di Mongolia dan Bhutan. Akibatnya, negara ini memiliki banyak hari libur resmi yang unik, seperti Dashain, Lhabab Duchen, dan Hari Hujan yang Diberkati. Berbeda dengan kebanyakan negara, panahan adalah olahraga paling populer di Bhutan.

Orang-orang di negara ini memiliki perpaduan unik antara keturunan Asia Timur dan Asia Selatan. Ini juga memiliki lebih banyak pria daripada wanita. Tingkat pendidikan dan tingkat melek huruf di Bhutan lebih rendah dari kebanyakan negara.

Sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian. Infrastrukturnya juga tidak biasa. Tidak seperti kebanyakan negara, kendaraan melaju di sebelah kiri. Mereka juga menggunakan outlet listrik Tipe D yang hanya umum di beberapa bekas jajahan Inggris.

Bhutan juga merupakan salah satu negara paling bergunung-gunung di dunia. Ini memiliki gunung tertinggi yang belum didaki di dunia, Gangkhar Puensum. Mendaki gunung sepenuhnya dilarang pada tahun 2003, karena kepercayaan spiritual.

Mayoritas negara ini terdiri dari hutan jenis konifera, bersama dengan daerah glasial bervegetasi jarang di dataran tinggi. Karena ketinggian rata-ratanya yang tinggi, iklimnya jauh lebih sejuk daripada negara lain pada garis lintangnya. Meskipun terletak di dekat beberapa negara terpadat di dunia, negara ini hanya memiliki 20 orang per km persegi.

3. Israel

Israel adalah negara Timur Tengah yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Menurut data dari Indeks Kesamaan Negara, Israel adalah negara paling unik dalam arti bahwa semua negara lain sangat berbeda darinya. Tunisia dan Yunani adalah dua yang paling mirip, tetapi mereka juga memiliki perbedaan besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)