10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Sabtu, 15 Juli 2023 - 19:25 WIB
loading...
10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia
Korea Utara merupakan negara paling unik di dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Setiap negara memiliki keunikan yang membedakan antara satu negara dengan negara lain. Namun, ada beberapa negara yang unggul dengan keunikannya.

Itu dijabarkan dalam Indeks Kesamaan Negara. Indeks mencoba untuk mengukur seberapa mirip negara satu sama lain relatif terhadap negara lain, menggunakan berbagai pengukuran.

Melansir travel.earth, lima aspek utama dari negara yang dibandingkan adalah demografi, budaya, politik, infrastruktur, dan geografi mereka. Analisis data memberikan beberapa saran tentang negara mana yang mungkin paling unik di dunia.

Yang cukup menarik, sembilan dari sepuluh teratas ada di Asia. Ini adalah benua yang paling beragam.

Berikut adalah daftar 10 negara paling unik.

1. Korea Utara

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Menurut data dari Indeks Kesamaan Negara, Korea Utara adalah negara paling unik di dunia. Tidak ada negara yang sangat mirip dengannya. Meskipun Korea Selatan mirip dengan Korea Utara dalam hal geografi dan budaya, pemerintahan dan infrastrukturnya sangat berbeda darinya.

Pemerintah Korea Utara sangat unik. Negara ini adalah negara satu partai yang telah diperintah oleh satu keluarga selama lebih dari 50 tahun. Sensor medianya adalah yang paling ekstrem di dunia.

Media dimiliki oleh pemerintah dan akses ke internet hampir tidak ada. Diduga juga memiliki salah satu tingkat penahanan tertinggi di dunia.

Tidak seperti sebagian besar negara, itu bukan bagian dari Organisasi Perdagangan Dunia. Wajib militer ada di sana, bahkan persentase orang militer tertinggi di dunia.

Budaya Korea Utara juga sangat berbeda dari kebanyakan negara. Bahasa Korea tidak terkait dengan bahasa utama lainnya. Itu juga menggunakan sistem penulisan yang unik, Hangul, yang dikembangkan khusus untuknya pada abad ke-15, untuk menggantikan karakter China.

Tidak seperti kebanyakan negara, orang Korea Utara cenderung tidak terlalu religius, karena pemerintah mereka mempraktikkan ateisme yang direstui negara. Akibatnya, tidak ada hari libur keagamaan resmi. Cheondoisme, agama yang relatif baru asli Korea, adalah salah satu agama paling populer di negara itu. Ini memiliki unsur-unsur perdukunan tradisional Korea, Taoisme, dan Buddhisme.

Tidak seperti negara Asia Timur lainnya, sebagian besar warga Korea Utara hidup dalam kemiskinan, meskipun tingkat melek huruf di negara tersebut tinggi. Infrastrukturnya tidak berkembang dengan baik. Sangat sedikit orang yang memiliki mobil dan hanya ada penerbangan komersial ke dua negara lain, Rusia dan China.

Warganya jarang diizinkan bepergian ke luar Korea Utara. Akses ke perawatan medis tingkat lanjut juga jarang terjadi di sana. Namun, negara tersebut mengklaim memiliki tempat tidur rumah sakit per kapita terbanyak di dunia. Terlepas dari kurangnya kemajuan teknologi, persenjataan Korea Utara lebih maju daripada kebanyakan negara, karena memiliki bom atom.


2. Bhutan

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Bhutan adalah negara yang sangat unik yang terletak di Himalaya, antara China dan India. Meskipun Nepal adalah negara lain di kawasan ini dengan geografi yang serupa, bahasa Indo-Eropa asli mereka tidak ada hubungannya dengan bahasa yang digunakan di Bhutan. Selain itu, Nepal mayoritas beragama Hindu dan penduduknya memiliki keturunan Asia Timur yang jauh lebih sedikit.

Dzongkha, bahasa resmi di Bhutan memiliki hubungan jauh dengan bahasa Tionghoa. Namun, itu ditulis dalam aksara Tibet yang terkait dengan sistem penulisan tradisional lain yang digunakan di India.

Sebagian besar penduduknya mempraktikkan Buddhisme Vajrayana, sebuah denominasi unik yang hanya tersebar luas di Mongolia dan Bhutan. Akibatnya, negara ini memiliki banyak hari libur resmi yang unik, seperti Dashain, Lhabab Duchen, dan Hari Hujan yang Diberkati. Berbeda dengan kebanyakan negara, panahan adalah olahraga paling populer di Bhutan.

Orang-orang di negara ini memiliki perpaduan unik antara keturunan Asia Timur dan Asia Selatan. Ini juga memiliki lebih banyak pria daripada wanita. Tingkat pendidikan dan tingkat melek huruf di Bhutan lebih rendah dari kebanyakan negara.

Sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian. Infrastrukturnya juga tidak biasa. Tidak seperti kebanyakan negara, kendaraan melaju di sebelah kiri. Mereka juga menggunakan outlet listrik Tipe D yang hanya umum di beberapa bekas jajahan Inggris.

Bhutan juga merupakan salah satu negara paling bergunung-gunung di dunia. Ini memiliki gunung tertinggi yang belum didaki di dunia, Gangkhar Puensum. Mendaki gunung sepenuhnya dilarang pada tahun 2003, karena kepercayaan spiritual.

Mayoritas negara ini terdiri dari hutan jenis konifera, bersama dengan daerah glasial bervegetasi jarang di dataran tinggi. Karena ketinggian rata-ratanya yang tinggi, iklimnya jauh lebih sejuk daripada negara lain pada garis lintangnya. Meskipun terletak di dekat beberapa negara terpadat di dunia, negara ini hanya memiliki 20 orang per km persegi.

3. Israel

Israel adalah negara Timur Tengah yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Menurut data dari Indeks Kesamaan Negara, Israel adalah negara paling unik dalam arti bahwa semua negara lain sangat berbeda darinya. Tunisia dan Yunani adalah dua yang paling mirip, tetapi mereka juga memiliki perbedaan besar.

Israel adalah satu-satunya negara di mana Yahudi adalah agama yang dominan. Alhasil, pemerintahnya memiliki banyak hari libur yang hanya dirayakan secara resmi di Israel, seperti Yom Kippur dan Rosh Hashanah.

Tidak seperti kebanyakan negara lainnya, Hari Buruh dan Tahun Baru tidak dirayakan secara resmi. Meskipun bahasa Ibrani adalah bahasa Semit, mirip dengan bahasa Arab, bahasa ini memiliki tulisan uniknya sendiri. Tidak seperti kebanyakan negara, sebagian besar laki-laki mereka disunat.

Israel memiliki jumlah imigran yang sangat tinggi, dengan banyak yang datang dari Eropa Timur. Negara ini cukup padat penduduknya.

Populasinya membanggakan salah satu persentase lulusan perguruan tinggi tertinggi di dunia. Sangat sedikit orang yang bekerja di bidang pertanian di sana. Israel juga lebih kaya dari kebanyakan negara dan memiliki banyak jutawan.

Infrastrukturnya lebih berkembang daripada kebanyakan negara lain. Negara ini memiliki kecepatan internet yang sangat baik.

Teknologi medisnya juga sangat maju. Militer Israel sangat maju. Negara ini menghabiskan sejumlah besar anggarannya untuk pertahanan, karena negara-negara tetangganya cenderung memusuhinya. Ini adalah salah satu dari sedikit negara yang memiliki senjata nuklir. Satu keanehan adalah bahwa Israel menggunakan outlet dan colokan listrik Tipe H, tidak seperti negara lain.


4. Singapura

Singapura adalah negara pulau kecil di lepas pantai Malaysia, negara yang paling mirip. Namun, Singapura memiliki lebih banyak keragaman agama dan bahasa daripada Malaysia.

Ini juga jauh lebih padat penduduknya dan berkembang. Ini adalah kebalikan dari negara lain dalam daftar ini, karena memiliki perpaduan unik pengaruh dari banyak negara dan budaya yang berbeda.

Negara ini memiliki perpaduan unik antara orang Cina, Melayu, dan Asia Selatan. Meskipun bahasa Inggris adalah lingua franca, bahasa Mandarin, Melayu, dan Tamil juga merupakan bahasa resmi. Singapura juga memiliki keragaman agama yang cukup luar biasa.

Meskipun Budha dan Kristen adalah dua agama terbesarnya, negara ini juga memiliki banyak umat Hindu dan Muslim. Paskah, Natal, Waisak, Idul Fitri, Idul Adha, dan Divali semuanya diakui sebagai hari libur resmi di sana.

Singapura adalah salah satu negara terpadat di dunia dan penuh dengan gedung pencakar langit. Cukup berawa dan titik tertingginya kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Negara ini memiliki lahan pertanian yang sangat sedikit, sehingga harus mengimpor banyak makanannya. Iklimnya adalah salah satu yang terpanas dan terbasah di dunia.

Sebagian besar negara terkaya tidak terletak di iklim tropis. Singapura adalah pengecualian yang unik. Mayoritas masyarakatnya berangkat kerja menggunakan transportasi massal. Ini memiliki infrastruktur pelayaran yang sangat besar, karena lokasinya yang strategis di Selat Malaka. Tidak seperti kebanyakan negara, ia memiliki air ledeng yang dapat diminum. Kecepatan internetnya juga sangat cepat.

5. Jepang

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Menurut Indeks Kesamaan Negara, Jepang memiliki kesamaan rata-rata terendah jika dibandingkan dengan semua negara lain. Ini adalah negara yang paling tidak mirip dengan banyak negara. Faktanya, data menunjukkan bahwa Niger dan Jepang adalah dua negara yang paling tidak mirip. Meskipun Taiwan adalah negara paling mirip berikutnya di Jepang, mereka juga memiliki perbedaan yang signifikan.

Bahasa Jepang tidak terkait dengan bahasa utama lainnya. Ini juga menggunakan sistem penulisan yang unik, menggabungkan karakter Cina tradisional, kanji, dengan karakter berbasis suku katanya sendiri, kana. Sementara kebanyakan orang di negara ini tidak terlalu religius, agama Buddha dan agama aslinya, Shinto, dipraktikkan secara luas. Ini juga memiliki budaya olahraga yang unik, karena bisbol adalah olahraga paling populer di negara ini.

Jepang memiliki populasi rata-rata tertua di dunia. Lebih dari 25% penduduknya adalah orang lanjut usia. Ini juga memiliki salah satu persentase lulusan perguruan tinggi tertinggi di dunia. Terlepas dari kemakmuran bangsa yang relatif, tidak seperti negara kaya lainnya, penduduknya cenderung lebih kurus daripada rata-rata global.

Teknologi negara ini juga bisa dibilang paling berkembang di dunia. Mobil dan kereta berkecepatan tinggi banyak digunakan. Standar transportasi mereka juga berbeda dari sebagian besar dunia, karena negara mengemudi di sebelah kiri dan menggunakan rel kereta api berukuran 3'6″. Standar kelistrikannya juga unik, tidak seperti kebanyakan negara yang menggunakan outlet listrik Tipe A, B dan tegangan suplai standarnya adalah 100v. Selain itu, kota-kota besarnya cenderung padat penduduk dan memiliki banyak gedung pencakar langit.

6. Timor Timur

Timor Timur menjadi negara merdeka pada tahun 1999, setelah bergabung selama puluhan tahun oleh Indonesia. Negara ini terletak di wilayah yang sangat beragam secara biologis, Wallacea, antara alam biogeografis Indo-Malaya dan Australasia.

Negara pernah menjadi koloni Portugis, jadi bahasa resminya adalah bahasa Portugis dan sebagian besar penduduknya beragama Katolik. Orang Timor sangat unik karena mereka memiliki keturunan Asia Timur dan Melanesia.

7. Mongolia

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Mongolia memiliki ciri-ciri Rusia, Mongolia, dan Asia Tengah. Orang-orangnya berbicara bahasa Mongolia, bahasa Altai yang jauh hubungannya dengan bahasa Turki. Negara mengadopsi penggunaan alfabet Sirilik, tetapi juga menggunakan aksara tradisional Mongolia.

Buddhisme Vajrayana adalah agama paling umum di negara itu, denominasi unik yang hanya tersebar luas di Mongolia dan Bhutan. Ini juga unik secara geografis, karena ini adalah negara berpenduduk paling sedikit di dunia. Sebagian besar tanahnya adalah padang rumput. Domba adalah daging yang sangat populer di negara ini.

8. Bangladesh

Bangladesh adalah salah satu negara terpadat di dunia. Ini juga salah satu negara paling tercemar di dunia. Datarannya rendah dan terletak di Delta Sungai Gangga, sehingga negara ini memiliki banyak lahan basah dan rawan banjir. Sebagian besar tanahnya digunakan untuk pertanian padi.

Bangladesh juga merupakan salah satu dari sedikit negara berpenduduk mayoritas Muslim yang memiliki iklim tropis. Ini juga memiliki beberapa perayaan Budha dan Hindu sebagai hari libur resmi.

9. Taiwan

Taiwan adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik. Selain China, hanya sedikit negara lain yang serupa dengannya. Sebagian besar penduduknya berbahasa Mandarin.

Agama Buddha dan agama tradisional Tionghoa tersebar luas di sana. Namun, negara tersebut tidak memiliki hari libur keagamaan resmi. Ini adalah negara yang relatif kaya dan populasinya lebih tua dari kebanyakan negara. Tidak seperti kebanyakan negara, sepak bola tidak terlalu populer di sana. Seperti Jepang, ia menggunakan outlet Tipe A, B, dan pengukur rel kereta api 3'6″.

10. Cape Verde

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Cape Verde adalah sebuah kepulauan di Samudera Atlantik, lepas pantai Afrika. Itu pernah menjadi koloni Portugis, sebelum merdeka pada tahun 1975. Ini adalah salah satu negara terkaya dan paling maju di Afrika.

Cape Verde tidak berpenghuni, sampai orang Eropa membawa budak dan pelayan kontrak dari Afrika ke negeri ini. Akibatnya, orang-orang mereka berbicara bahasa kreol Portugis dan sebagian besar beragama Katolik. Selain itu, geografinya unik. Ini adalah sekelompok pulau gurun pegunungan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)