10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Sabtu, 15 Juli 2023 - 19:25 WIB
loading...
A A A
Singapura adalah salah satu negara terpadat di dunia dan penuh dengan gedung pencakar langit. Cukup berawa dan titik tertingginya kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Negara ini memiliki lahan pertanian yang sangat sedikit, sehingga harus mengimpor banyak makanannya. Iklimnya adalah salah satu yang terpanas dan terbasah di dunia.

Sebagian besar negara terkaya tidak terletak di iklim tropis. Singapura adalah pengecualian yang unik. Mayoritas masyarakatnya berangkat kerja menggunakan transportasi massal. Ini memiliki infrastruktur pelayaran yang sangat besar, karena lokasinya yang strategis di Selat Malaka. Tidak seperti kebanyakan negara, ia memiliki air ledeng yang dapat diminum. Kecepatan internetnya juga sangat cepat.

5. Jepang

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Menurut Indeks Kesamaan Negara, Jepang memiliki kesamaan rata-rata terendah jika dibandingkan dengan semua negara lain. Ini adalah negara yang paling tidak mirip dengan banyak negara. Faktanya, data menunjukkan bahwa Niger dan Jepang adalah dua negara yang paling tidak mirip. Meskipun Taiwan adalah negara paling mirip berikutnya di Jepang, mereka juga memiliki perbedaan yang signifikan.

Bahasa Jepang tidak terkait dengan bahasa utama lainnya. Ini juga menggunakan sistem penulisan yang unik, menggabungkan karakter Cina tradisional, kanji, dengan karakter berbasis suku katanya sendiri, kana. Sementara kebanyakan orang di negara ini tidak terlalu religius, agama Buddha dan agama aslinya, Shinto, dipraktikkan secara luas. Ini juga memiliki budaya olahraga yang unik, karena bisbol adalah olahraga paling populer di negara ini.

Jepang memiliki populasi rata-rata tertua di dunia. Lebih dari 25% penduduknya adalah orang lanjut usia. Ini juga memiliki salah satu persentase lulusan perguruan tinggi tertinggi di dunia. Terlepas dari kemakmuran bangsa yang relatif, tidak seperti negara kaya lainnya, penduduknya cenderung lebih kurus daripada rata-rata global.

Teknologi negara ini juga bisa dibilang paling berkembang di dunia. Mobil dan kereta berkecepatan tinggi banyak digunakan. Standar transportasi mereka juga berbeda dari sebagian besar dunia, karena negara mengemudi di sebelah kiri dan menggunakan rel kereta api berukuran 3'6″. Standar kelistrikannya juga unik, tidak seperti kebanyakan negara yang menggunakan outlet listrik Tipe A, B dan tegangan suplai standarnya adalah 100v. Selain itu, kota-kota besarnya cenderung padat penduduk dan memiliki banyak gedung pencakar langit.

6. Timor Timur

Timor Timur menjadi negara merdeka pada tahun 1999, setelah bergabung selama puluhan tahun oleh Indonesia. Negara ini terletak di wilayah yang sangat beragam secara biologis, Wallacea, antara alam biogeografis Indo-Malaya dan Australasia.

Negara pernah menjadi koloni Portugis, jadi bahasa resminya adalah bahasa Portugis dan sebagian besar penduduknya beragama Katolik. Orang Timor sangat unik karena mereka memiliki keturunan Asia Timur dan Melanesia.

7. Mongolia

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Mongolia memiliki ciri-ciri Rusia, Mongolia, dan Asia Tengah. Orang-orangnya berbicara bahasa Mongolia, bahasa Altai yang jauh hubungannya dengan bahasa Turki. Negara mengadopsi penggunaan alfabet Sirilik, tetapi juga menggunakan aksara tradisional Mongolia.

Buddhisme Vajrayana adalah agama paling umum di negara itu, denominasi unik yang hanya tersebar luas di Mongolia dan Bhutan. Ini juga unik secara geografis, karena ini adalah negara berpenduduk paling sedikit di dunia. Sebagian besar tanahnya adalah padang rumput. Domba adalah daging yang sangat populer di negara ini.

8. Bangladesh

Bangladesh adalah salah satu negara terpadat di dunia. Ini juga salah satu negara paling tercemar di dunia. Datarannya rendah dan terletak di Delta Sungai Gangga, sehingga negara ini memiliki banyak lahan basah dan rawan banjir. Sebagian besar tanahnya digunakan untuk pertanian padi.

Bangladesh juga merupakan salah satu dari sedikit negara berpenduduk mayoritas Muslim yang memiliki iklim tropis. Ini juga memiliki beberapa perayaan Budha dan Hindu sebagai hari libur resmi.

9. Taiwan

Taiwan adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik. Selain China, hanya sedikit negara lain yang serupa dengannya. Sebagian besar penduduknya berbahasa Mandarin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)