Cerita Munculnya Jenderal Armagedon Rusia, dari Era Soviet hingga Perang Ukraina

Kamis, 20 Oktober 2022 - 08:26 WIB
loading...
A A A
Pasukan AS menanggapi dengan serangan udara besar-besaran yang menewaskan “beberapa ratus orang Rusia.”

Setelah serangan itu, blogger militer Rusia menuding komandan Rusia karena memberikan izin kepada kelompok tentara bayaran untuk maju atau karena tidak memberikan perlindungan lebih terhadap pasukan AS.

Menurut Komsomolskaya Pravda, kepemimpinan Surovikin di Suriah membuatnya mendapatkan julukan "Jenderal Armagedon" di antara para perwira.

Kremlin memberikan Surovikin medali Pahlawan Rusia, penghargaan militer tertinggi negara itu untuk komando Suriahnya. Pada Agustus 2021, dia dipromosikan menjadi jenderal penuh.

Invasi Ukraina

Empat bulan setelah invasi ke Ukraina pada tanggal 24 Februari, Surovikin memimpin kelompok selatan pasukan Rusia yang kemudian bertanggung jawab atas, antara lain, penyerangan yang menghancurkan di kota wilayah Luhansk, Syevyerodonetsk, yang jatuh ke tangan pasukan Rusia pada 25 Juni 2022.

Surovikin juga masih secara resmi bertanggung jawab atas kelompok selatan di Ukraina pada September ketika pasukan Ukraina melakukan serangan balasan yang menakjubkan di wilayah timur laut Kharkiv.

Serangan itu mendorong pasukan Rusia keluar dari wilayah tersebut dan kemudian mengambil alih pusat rel utama wilayah Donetsk di Lyman, yang dianggap sebagai kekalahan besar bagi pasukan Rusia.

Kekalahan itu mengundang kemarahan dari para blogger militer, komentator sayap kanan, dan nasionalis, yang menggunakan Telegram untuk mencemooh para komandan Rusia, meskipun namanya bukan Surovikin.

Kemarahan tumpah ke pandangan publik yang lebih luas di surat kabar dan TV pemerintah.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)