Cerita Munculnya Jenderal Armagedon Rusia, dari Era Soviet hingga Perang Ukraina

Kamis, 20 Oktober 2022 - 08:26 WIB
loading...
Cerita Munculnya Jenderal Armagedon Rusia, dari Era Soviet hingga Perang Ukraina
Komandan Kelompok Pasukan Terpadu Rusia Jenderal Sergey Surovikin. Foto/TASS
A A A
MOSKOW - Tepat setelah tengah malam pada 21 Agustus 1991, konvoi kendaraan pengangkut personel lapis baja yang diawaki tentara dari unit Divisi Senapan Garda Motor 2 Rusia bergemuruh ke terowongan Moskow.

Pasukan bertingkat yang dikenal sebagai Garda Taman itu bertemu para pengunjuk rasa yang marah atas upaya kudeta terhadap Pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev.

Cerita Munculnya Jenderal Armagedon Rusia, dari Era Soviet hingga Perang Ukraina


Para pengunjuk rasa membarikade jalan dengan bus dan kendaraan pembersih jalan. Bentrok pun terjadi, tiga dari pengunjuk rasa itu tewas. Akhirnya, konvoi pasukan itu mundur.

Bentrokan itu merupakan titik balik dalam kudeta, yang runtuh pada hari berikutnya.



Orang yang memimpin unit pasukan tersebut adalah Kapten Sergey Surovikin (24), seorang perwira menengah yang sempat ditangkap karena perintahnya tetapi kemudian dibebaskan.

Surovikin melanjutkan karir yang panjang di militer Rusia, di mana dia berulang kali dipromosikan dan mendapatkan reputasi atas kebrutalan murni di Chechnya dan, kemudian, di Suriah.

Pada 8 Oktober 2022, Presiden Vladimir Putin menunjuk Surovikin, yang kini berusia 56 tahun, sebagai komandan keseluruhan perang Rusia di Ukraina.



Dua hari kemudian, Rusia melepaskan rentetan rudal dan serangan udara terbesar sejak invasi pada Februari, mendorong perang ke fase baru yang berpotensi lebih mematikan, dengan Surovikin yang bertanggung jawab.

“Untuk Ukraina, saya sangat khawatir tentang sikap Surovikin yang benar-benar tak kenal ampun terhadap musuh, baik kombatan dan warga sipil, dan fokusnya yang seperti laser untuk mencapai kemajuan militer tidak peduli biaya atau risikonya," ujar Charles Lister, yang merupakan direktur program Suriah di Institut Timur Tengah yang berbasis di Amerika Serikat dan mengikuti komando pasukan Rusia oleh Surovikin sebelumnya di Suriah.

Cerita Munculnya Jenderal Armagedon Rusia, dari Era Soviet hingga Perang Ukraina


“Pada akhirnya, warga sipil kemungkinan paling menderita, terutama karena Ukraina tampaknya hanya akan melanjutkan perjuangannya yang efektif dan heroik untuk wilayahnya,” ujar Lister dalam email.

“Diragukan apakah dia dapat mengubah dinamika perang yang mendasarinya, karena Ukraina memiliki pasukan yang semakin terlatih dan senjata canggih,” papar Mark Galeotti, ahli lama tentang pasukan keamanan Rusia, menulis dalam kolom untuk The Spectator.

Galeotti menambahkan, “Meskipun demikian, dia mungkin diharapkan untuk mencoba dan itu mungkin berarti lebih banyak sirene serangan udara di kota-kota di seluruh Ukraina.”

Kebangkitan Meteorik

Karier Surovikin membentang kembali ke beberapa sekolah militer terkemuka di Uni Soviet. Dia pertama kali lulus dari akademi pelatihan perwira di Omsk pada tahun 1987.

Menurut profil tahun 2005 di surat kabar Kementerian Pertahanan, Krasnaya Zvezda, dia bertugas sementara waktu di Afghanistan dengan pasukan khusus Soviet.

Selama kekacauan di Moskow pada Agustus 1991, karir militer Surovikin semakin cepat. Dia sudah menjadi kapten dan komandan batalyon dengan Garda Taman, komando bergengsi untuk seorang perwira muda.

Beberapa laporan berita dari waktu mengklaim Surovikin menembaki salah satu pengunjuk rasa Moskow sendiri, tuduhan yang tidak pernah sepenuhnya dibuktikan.

Tetapi dia akhirnya ditahan di penjara Matrosskaya Tishina yang terkenal di Moskow selama beberapa bulan sebelum dibebaskan pada Desember 1991, dilaporkan atas perintah dari Presiden Rusia saat itu Boris Yeltsin.

Dia juga dipromosikan menjadi mayor dan terdaftar di Akademi Militer Frunze Moskow, salah satu akademi Kementerian Pertahanan paling bergengsi di negara itu.

Namun, saat berada di sana, Surovikin terjebak dalam penyelidikan kriminal yang melibatkan perdagangan senjata dan penjualan senjata ilegal.

Surovikin akhirnya dihukum atas tiga tuduhan oleh pengadilan militer Moskow, tetapi dia hanya dijatuhi hukuman percobaan satu tahun.

Keputusan itu memicu omelan di antara beberapa petinggi militer, terutama karena promosi Surovikin terus berlanjut tanpa pengawasan.

Berita tentang kasus tersebut, hukuman yang ringan, dan ketidakpuasan internal bocor ke surat kabar Rusia pada tahun 2012, begitu pula upayanya menghapus kasus tersebut dari catatan militernya.

Dalam komentarnya kepada surat kabar Komsomolskaya pravda pada 2012, Surovikin mengatakan kasus itu telah ditutup pada 1995.

Dia mengklaim telah dibebaskan dan menerima permintaan maaf.

Setiap Orang Memiliki Takdirnya Sendiri

Setelah akademi Frunze, Surovikin dikirim ke Tajikistan, di mana dia dipromosikan dengan cepat saat bertugas di Divisi Senapan Bermotor ke-201, unit Rusia terbesar di seluruh bekas Asia Tengah Soviet.

Promosinya berlanjut, dengan pelatihan di akademi Staf Umum di Moskow dan kemudian penugasan untuk memimpin Divisi Senapan Bermotor ke-34 Distrik Militer Volga-Ural.

Pada tahun 2004, Surovikin diselidiki atas insiden di mana salah satu perwira bawahannya bunuh diri.

Kasus itu juga ditutup secara mendadak, yang juga memicu gerutuan baru di antara beberapa orang di Kementerian Pertahanan.

“Petugas komandan yang baik tidak menembak diri mereka sendiri di kantor dengan senjata dinas,” ungkap seorang perwira yang bertugas di Staf Umum kepada Layanan Rusia RFE/RL dalam profil Surovikin tahun 2017.

Kepemimpinan Surovikin juga berada di bawah pengawasan setelah dia mengambil alih komando pada Juni 2004 dari Divisi Senapan Garda Motor ke-42 di Chechnya.

Pada saat itu, perang kedua di wilayah Kaukasus Utara yang memberontak telah berubah dari operasi tempur penuh menjadi “operasi kontraterorisme”, dalam deskripsi Kremlin.

Pada Februari 2005, sembilan tentara pengintai di satu resimen di bawah divisi ke-42 tewas ketika tembok runtuh menimpa mereka di ibukota, Grozny.

Surovikin bersumpah akan membalas dendam dalam penampilan TV, tetapi surat kabar Novaya Gazeta kemudian mempertanyakan akun tersebut, menunjukkan tembok itu runtuh ketika seorang tentara mabuk secara tidak sengaja menembakkan peluncur granat atau salah menangani ranjau darat.

Dalam wawancara dengan Krasnaya Zvezda pada April 2005, Surovikin mengulangi klaim bahwa “bandit” Chechnya bertanggung jawab atas runtuhnya tembok tersebut.

“Secara umum, Anda dapat tanpa henti mengatakan apa yang dilakukan dengan benar dan apa yang tidak. Lebih mudah menjadi pintar ketika Anda sudah tahu apa yang terjadi. Tapi pertempuran adalah pertempuran. Dan di sini tidak selalu mungkin untuk menilai situasi secara realistis,” ujar dia seperti dikutip saat itu.

“Setiap orang memiliki takdirnya masing-masing. Apa pun bisa terjadi pada siapa saja,” papar kepada surat kabar itu. “Dan tidak hanya di Chechnya.”

Dia bergabung dengan Direktorat Operasional Utama Staf Umum setelah perang Agustus 2008 di mana Rusia menginvasi Georgia.

Rusia menang, tetapi konflik itu mengungkap masalah mendalam di angkatan bersenjata, mendorong upaya besar-besaran untuk mereformasi dan memodernisasi militer.

Menurut profil TASS 2017, Surovikin “mengambil posisi ini dalam konteks reformasi besar-besaran Angkatan Darat Rusia, yang dimulai setelah 'operasi untuk memaksa Georgia menuju perdamaian.'"

Munculnya Jenderal Armagedon

Pada 2017, Surovikin, yang saat itu seorang kolonel jenderal, dipromosikan memimpin Pasukan Dirgantara Rusia, campuran luas yang mencakup angkatan udara serta unit rudal.

Fakta bahwa seorang perwira militer diangkat sebagai komandan pasukan mengangkat alis banyak orang, terutama di antara perwira angkatan udara.

"Komandan 'non-terbang' pertama dalam sejarah penerbangan militer Rusia," seperti yang digambarkan Novaya Gazeta.

Dia juga dikirim tahun itu ke Suriah, di mana pasukan Rusia telah melakukan intervensi pada 2015 untuk menopang pasukan pemerintah dalam perjuangan mereka melawan pemberontak anti-pemerintah dan pasukan ekstremis.

Upaya itu berhasil, tidak hanya menstabilkan pasukan otokrat Presiden Suriah Bashar al-Assad tetapi juga memperluas pangkalan militer Rusia di pelabuhan Tartus.

Namun selama dua perjalanannya di sana, Surovikin mendapatkan reputasi karena taktik tanpa ampun, termasuk pengawasan terhadap pemboman Ghouta dan Aleppo, yang keduanya sebagian besar dikendalikan pemberontak pada saat itu.

Perintahnya juga bertepatan dengan penggunaan berulang senjata kimia, seperti bom klorin, oleh pasukan Suriah terhadap sasaran sipil.

“Waktu Surovikin dalam memimpin kampanye Rusia di Suriah adalah waktu yang sangat penting, di mana Rusia akhirnya dapat dengan tegas mengubah arah konflik demi Assad,” ujar Lister kepada RFE/RL.

"Perintah Surovikin adalah klinis, brutal, dan yang terpenting, dihitung dengan ganas," tutur dia.

“Dia juga menggandakan taktik,” ungkap Lister, bekerja dengan proksi Iran di Suriah, terutama dengan Pasukan Quds, unit elit Korps Garda Revolusi Islam Iran, dan Hizbullah, milisi terkait Iran yang telah ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

“Meskipun sebagian besar terselubung dan sedikit yang diakui, koordinasi langsung dengan Pasukan Quds tidak diragukan lagi berkontribusi pada hubungan strategis yang sekarang dilihat dunia antara Iran dan Rusia,” papar dia.

Dalam laporan tahun 2020 mengenai serangan militer terhadap warga sipil Suriah, Human Rights Watch menyebut Surovikin sebagai salah satu dari beberapa komandan Rusia yang “tahu atau seharusnya tahu tentang pelanggaran tersebut dan tidak mengambil langkah efektif untuk menghentikan mereka atau menghukum mereka yang bertanggung jawab langsung.”

Intervensi Rusia di Suriah juga ditandai dengan meningkatnya keterlibatan perusahaan tentara bayaran swasta, khususnya Vagner, yang pemiliknya adalah Yevgeny Prigozhin, pengusaha Sankt Peterburg yang memiliki hubungan dekat dengan Kremlin.

Pada Februari 2018, sekelompok tentara bayaran Vagner dan sekutu Suriah menyerang pangkalan di mana pasukan Kurdi dan penasihat AS ditempatkan.

Pasukan AS menanggapi dengan serangan udara besar-besaran yang menewaskan “beberapa ratus orang Rusia.”

Setelah serangan itu, blogger militer Rusia menuding komandan Rusia karena memberikan izin kepada kelompok tentara bayaran untuk maju atau karena tidak memberikan perlindungan lebih terhadap pasukan AS.

Menurut Komsomolskaya Pravda, kepemimpinan Surovikin di Suriah membuatnya mendapatkan julukan "Jenderal Armagedon" di antara para perwira.

Kremlin memberikan Surovikin medali Pahlawan Rusia, penghargaan militer tertinggi negara itu untuk komando Suriahnya. Pada Agustus 2021, dia dipromosikan menjadi jenderal penuh.

Invasi Ukraina

Empat bulan setelah invasi ke Ukraina pada tanggal 24 Februari, Surovikin memimpin kelompok selatan pasukan Rusia yang kemudian bertanggung jawab atas, antara lain, penyerangan yang menghancurkan di kota wilayah Luhansk, Syevyerodonetsk, yang jatuh ke tangan pasukan Rusia pada 25 Juni 2022.

Surovikin juga masih secara resmi bertanggung jawab atas kelompok selatan di Ukraina pada September ketika pasukan Ukraina melakukan serangan balasan yang menakjubkan di wilayah timur laut Kharkiv.

Serangan itu mendorong pasukan Rusia keluar dari wilayah tersebut dan kemudian mengambil alih pusat rel utama wilayah Donetsk di Lyman, yang dianggap sebagai kekalahan besar bagi pasukan Rusia.

Kekalahan itu mengundang kemarahan dari para blogger militer, komentator sayap kanan, dan nasionalis, yang menggunakan Telegram untuk mencemooh para komandan Rusia, meskipun namanya bukan Surovikin.

Kemarahan tumpah ke pandangan publik yang lebih luas di surat kabar dan TV pemerintah.

Pada 8 Oktober, Putin tiba-tiba mengumumkan Surovikin akan mengambil alih sebagai komandan terpadu untuk konflik Ukraina.

Penunjukan itu dilakukan pada hari yang sama ketika satu ledakan di jembatan yang menghubungkan semenanjung Crimea yang dikuasai Rusia. Ledakan itu secara luas diyakini sebagai pekerjaan pasukan Ukraina.

Promosi Surovikin disambut dengan pujian dari para blogger dan komentator, yang telah menyerukan pendekatan yang lebih keras terhadap pertarungan Ukraina.

Pujian itu termasuk Prigozhin, yang memanggilnya, “Komandan paling kompeten di Angkatan Darat Rusia.”

“Setelah menerima pesanan, Surovikin masuk ke tanknya tanpa ragu-ragu dan bergegas menyelamatkan negaranya,” papar Prigozhin dalam pernyataan yang dikeluarkan perusahaannya.

Dua hari kemudian, Rusia menghujani Ukraina dengan rudal-rudal jelajah jarak jauh.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)