Pidato Lengkap Putin Sambut Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Minggu, 02 Oktober 2022 - 00:30 WIB
loading...
A A A
Kami menyerukan kepada rezim Kiev untuk segera menghentikan tembakan dan semua permusuhan; untuk mengakhiri perang yang dilepaskannya pada 2014 dan kembali ke meja perundingan.

Kami siap untuk ini, seperti yang telah kami katakan lebih dari sekali. Tetapi pilihan orang-orang di Donetsk, Lugansk, Zaporozhye dan Kherson tidak akan dibahas.

Keputusan telah dibuat, dan Rusia tidak akan mengkhianatinya. Otoritas Kiev saat ini harus menghormati ekspresi kehendak rakyat yang bebas ini; tidak ada jalan lain. Inilah satu-satunya jalan menuju perdamaian.

Kami akan mempertahankan tanah kami dengan semua kekuatan dan sumber daya yang kami miliki, dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan keselamatan orang-orang kami. Ini adalah misi pembebasan besar bangsa kita.

Kami pasti akan membangun kembali kota-kota yang hancur, bangunan tempat tinggal, sekolah, rumah sakit, teater dan museum.

Kami akan memulihkan dan mengembangkan perusahaan industri, pabrik, infrastruktur, serta sistem jaminan sosial, pensiun, kesehatan dan pendidikan.

Kami pasti akan bekerja untuk meningkatkan keamanan. Bersama-sama kita akan memastikan bahwa warga di wilayah baru dapat merasakan dukungan dari semua rakyat Rusia, seluruh bangsa, semua republik, wilayah dan wilayah Tanah Air kita yang luas.

Teman, kolega. Hari ini saya ingin berbicara kepada tentara dan perwira kami yang mengambil bagian dalam operasi militer khusus, para pejuang Donbass dan Novorossiya, mereka yang pergi ke kantor perekrutan militer setelah menerima surat panggilan di bawah perintah eksekutif tentang mobilisasi parsial, dan mereka yang melakukan ini secara sukarela, menjawab panggilan hati mereka.

Saya ingin berbicara kepada orang tua, istri, dan anak-anak mereka, untuk memberi tahu mereka apa yang diperjuangkan orang-orang kita, musuh macam apa yang kita hadapi, dan siapa yang mendorong dunia ke dalam perang dan krisis baru dan memperoleh manfaat berlumuran darah dari tragedy ini.

Rekan-rekan kita, saudara dan saudari kita di Ukraina yang merupakan bagian dari rakyat kita yang bersatu telah melihat dengan mata kepala sendiri apa yang telah disiapkan oleh kelas penguasa yang disebut Barat untuk kemanusiaan secara keseluruhan.
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2385 seconds (10.101#12.26)