Pidato Lengkap Putin Sambut Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Minggu, 02 Oktober 2022 - 00:30 WIB
loading...
A A A
Saya ulangi, itu adalah hak yang melekat pada rakyat. Ini didasarkan pada kedekatan sejarah kita, dan hak itulah yang membawa generasi pendahulu kita, mereka yang membangun dan membela Rusia selama berabad-abad sejak periode Rus Kuno, menuju kemenangan.

Di sini, di Novorossiya, (Pyotr) Rumyantsev, (Alexander) Suvorov dan (Fyodor) Ushakov berperang, dan Catherine yang Agung dan (Grigory) Potemkin mendirikan kota-kota baru.

Kakek dan kakek buyut kita bertempur di sini sampai akhir yang pahit selama Perang Patriotik Hebat.

Kita akan selalu mengingat para pahlawan Musim Semi Rusia, mereka yang menolak menerima kudeta neo-Nazi di Ukraina pada tahun 2014, semua orang yang mati demi hak untuk berbicara bahasa asli mereka, untuk melestarikan budaya, tradisi dan agama mereka , dan hak untuk hidup.

Kita ingat para prajurit Donbass, para martir “Odessa Khatyn,” para korban serangan teroris tidak manusiawi yang dilakukan rezim Kiev.

Kita memperingati relawan dan milisi, warga sipil, anak-anak, wanita, warga lanjut usia, Rusia, Ukraina, orang-orang dari berbagai negara; pemimpin populer Donetsk Alexander Zakharchenko; komandan militer Arsen Pavlov dan Vladimir Zhoga, Olga Kochura dan Alexei Mozgovoy; jaksa Republik Lugansk Sergei Gorenko; penerjun payung Nurmagomed Gadzhimagomedov dan semua prajurit dan perwira kami yang meninggal sebagai pahlawan selama operasi militer khusus.

Mereka adalah pahlawan. Pahlawan Rusia yang hebat. Silakan bergabung dengan saya dalam keheningan satu menit untuk menghormati ingatan mereka.

Di balik pilihan jutaan penduduk di republik rakyat Donetsk dan Luhansk, di wilayah Zaporozhye dan Kherson, adalah takdir bersama dan sejarah seribu tahun kita.

Orang-orang telah mewariskan hubungan spiritual ini kepada anak-anak dan cucu-cucu mereka. Terlepas dari semua cobaan yang mereka alami, mereka membawa cinta untuk Rusia selama bertahun-tahun.

Ini adalah sesuatu yang tidak bisa dihancurkan oleh siapa pun. Itulah sebabnya baik generasi tua maupun orang muda, mereka yang lahir setelah runtuhnya Uni Soviet yang tragis, telah memilih persatuan kita, untuk masa depan kita bersama.
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2492 seconds (11.97#12.26)