Pidato Lengkap Putin Sambut Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Minggu, 02 Oktober 2022 - 00:30 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 1991 di Belovezhskaya Pushcha, perwakilan elit partai pada waktu itu membuat keputusan untuk mengakhiri Uni Soviet, tanpa bertanya kepada warga biasa apa yang mereka inginkan, dan orang-orang tiba-tiba menemukan diri mereka terputus dari tanah air mereka.

Ini merobek dan memotong-motong komunitas nasional kita dan memicu bencana nasional. Sama seperti pemerintah diam-diam membatasi perbatasan republik Soviet, bertindak di belakang layar setelah revolusi 1917, para pemimpin terakhir Uni Soviet, bertentangan dengan ekspresi langsung dari keinginan mayoritas orang dalam referendum tahun 1991, menghancurkan negara besar kita, dan hanya membuat orang-orang di bekas republik menghadapi ini sebagai fakta yang dicapai.

Saya dapat mengakui bahwa mereka bahkan tidak tahu apa yang mereka lakukan dan apa konsekuensi tindakan mereka pada akhirnya. Tapi itu tidak masalah sekarang.

Tidak ada lagi Uni Soviet; kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Sebenarnya, Rusia tidak lagi membutuhkannya hari ini; ini bukan ambisi kita.

Tetapi tidak ada yang lebih kuat dari tekad jutaan orang yang, menurut budaya, agama, tradisi, dan bahasa mereka, menganggap diri mereka bagian dari Rusia, yang nenek moyangnya tinggal di satu negara selama berabad-abad.

Tidak ada yang lebih kuat dari tekad mereka untuk kembali ke tanah air bersejarah mereka yang sebenarnya.

Selama delapan tahun yang panjang, orang-orang di Donbass menjadi sasaran genosida, penembakan dan blokade; di Kherson dan Zaporozhye, kebijakan kriminal diterapkan untuk menumbuhkan kebencian terhadap Rusia, untuk segala hal yang berbau Rusia.

Sekarang juga, selama referendum, rezim Kiev mengancam guru sekolah, wanita yang bekerja di komisi pemilihan dengan pembalasan dan kematian.

Kiev mengancam jutaan orang yang datang untuk menyatakan keinginannya dengan represi. Tetapi orang-orang Donbass, Zaporozhye, dan Kherson tidak hancur, dan mereka memiliki pendapat mereka sendiri.

Saya ingin pihak berwenang Kiev dan penangan sejati mereka di Barat mendengarkan saya sekarang, dan saya ingin semua orang mengingat ini: orang-orang yang tinggal di Luhansk dan Donetsk, di Kherson dan Zaporozhye telah menjadi warga negara kami, selamanya.
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2160 seconds (10.55#12.26)