Gedung Putih Konfirmasi Biden Kunjungi Arab Saudi, Bertemu MBS

Selasa, 14 Juni 2022 - 23:54 WIB
loading...
A A A
"Ya, kita bisa mengharapkan presiden untuk bertemu putra mahkota," katanya.



Perhentian di Arab Saudi – dan khususnya pertemuan dengan MBS – mewakili perubahan wajah Biden, yang sebagai kandidat presiden mengatakan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi , yang kemudian secara langsung dihubungkan oleh intelijen AS dengan putra mahkota, menjadikan kerajaan itu “pariah”.

Khashoggi dibunuh secara brutal dan dipotong-potong oleh sekelompok agen Arab Saudi di dalam konsulat negara itu di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Pejabat Arab Saudi awalnya berbohong tentang pembunuhan itu, mengklaim Khashoggi telah meninggalkan konsulat, kemudian mengubah cerita mereka dan kemudian menangkap beberapa warga negaranya.

Pada 2019, PBB memutuskan pembunuhan Khashoggi sebagai “eksekusi di luar proses hukum yang direncanakan”.

Gedung Putih sebelumnya telah mengindikasikan setelah intelijen AS secara langsung mengaitkan MBS dengan pembunuhan Khashoggi bahwa Biden hanya akan terlibat langsung dengan rekannya, Raja Salman.



Biden saat masuk Gedung Putih berjanji untuk "mengkalibrasi ulang" hubungan AS dengan sekutu lamanya itu dan tidak akan berurusan dengan MBS secara langsung, seperti pendahulunya, mantan Presiden Donald Trump.

Satu yang perlu dicatat adalah penerbangan Biden dari Israel ke Arab Saudi akan mewakili pertama kalinya presiden AS terbang dari Israel ke negara Arab yang tidak mengakuinya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)