Gedung Putih Konfirmasi Biden Kunjungi Arab Saudi, Bertemu MBS

Selasa, 14 Juni 2022 - 23:54 WIB
loading...
Gedung Putih Konfirmasi Biden Kunjungi Arab Saudi, Bertemu MBS
Gedung Putih mengkonfirmasi kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Arab Saudi, bertemu dengan Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih telah mengkonfirmasi perjalan pertama Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Timur Tengah , termasuk menyambangi Arab Saudi bulan depan dan pertemuan yang diharapkan dengan Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS). Ini sekaligus membenarkan rumor yang tersebar luas dalam beberapa hari terakhir.

Pemerintahan Biden pada hari Selasa (14/6/2022) waktu setempat mengkonfirmasi perjalanan tersebut akan berlangsung antara 13 dan 16 Juli. Biden juga akan mengunjungi Israel dan Tepi Barat yang diduduki.

Dalam sebuah pernyataan, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan saat berkunjung ke Israel, Biden akan bertemu dengan Perdana Menteri Naftali Bennet. Dalam pertemuan itu, Biden akan menegaskan kembali komitmen kuat terhadap keamanan Israel dan membahas kelanjutan bantuan AS.

Di Tepi Barat, Biden dijadwalkan bertemu dengan pejabat Otoritas Palestina, termasuk Presiden Mahmoud Abbas dan menegaskan kembali dukungan kuatnya untuk solusi dua negara, dengan ukuran keamanan, kebebasan, dan kesempatan yang sama bagi rakyat Palestina.

Sedangkan selama kunjungannya ke Arab Saudi, Biden diharapkan akan mencoba mengamankan peningkatan produksi minyak Saudi, karena pemerintahannya berjuang untuk menjinakkan biaya bahan bakar yang melonjak – didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina – dan inflasi di dalam negeri yang diproyeksikan akan merugikan Partai Demokrat dalam pemilu sela mendatang.



Jean-Pierre mengatakan bahwa saat berada di Jeddah, Biden juga akan menghadiri pertemuan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) plus Mesir, Irak, dan Yordania.

"Dengan para pemimpinan Saudi, presiden AS akan membahas berbagai masalah bilateral, regional, dan global," kata Jean-Pierre, termasuk untuk melanjutkan gencatan senjata yang dimediasi PBB dalam pertempuran di Yaman, di mana Riyadh telah memimpin koalisi memerangi pemberontak Houthi sejak 2015.

"Presiden Biden juga akan membahas cara untuk memperluas kerja sama ekonomi dan keamanan regional, termasuk inisiatif infrastruktur dan iklim yang baru dan menjanjikan, serta mencegah ancaman dari Iran, memajukan hak asasi manusia, dan memastikan energi global dan ketahanan pangan,” katanya seperti dikutip dari Al Jazeera.

Jean-Pierre kemudian mengkonfirmasi komentar dari seorang pejabat senior AS yang mengatakan kepada wartawan bahwa Biden akan bertemu MBS selama kunjungan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)