Xi Jinping Perkuat Status dengan Resolusi Bersejarah, Sejajar Mao Zedong

Sabtu, 13 November 2021 - 01:33 WIB
loading...
Xi Jinping Perkuat Status dengan Resolusi Bersejarah, Sejajar Mao Zedong
Xi Jinping kini setara dengan Pendiri Partai Komunis Mao Zedong dan penggantinya Deng Xiaoping. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Partai Komunis China telah mengeluarkan "resolusi historis" yang memperkuat status Xi Jinping dalam sejarah politik.

Dokumen tersebut adalah ringkasan sejarah 100 tahun partai yabng membahas berbagai pencapaian utama dan arah masa depan.

Ini hanya yang ketiga dari jenisnya sejak berdirinya partai, yang pertama disahkan Mao Zedong pada 1945 dan yang kedua oleh Deng Xiaoping pada 1981.



Resolusi itu disahkan pada Kamis (11/11/2021) di sesi pleno keenam, salah satu pertemuan politik paling penting di China.



Karena hanya pemimpin China ketiga yang mengeluarkan resolusi seperti itu, langkah itu bertujuan menjadikan Xi setara dengan Pendiri Partai Komunis China Mao dan penggantinya Deng.



"Sama seperti dua resolusi sebelumnya, (resolusi ini) akan memainkan peran penting dalam membantu menyatukan teori, keinginan, dan tindakan partai untuk mencapai kemajuan di masa depan dan dalam mewujudkan tujuan keseratus kedua dan impian besar peremajaan China," papar pejabat senior partai Qu Qingshan pada konferensi pers pada Jumat (12/11/2021).

Partai tersebut sebelumnya telah menetapkan dua tujuan seratus tahun bahwa China akan menjadi masyarakat yang "cukup makmur" pada 2021, dan yang kedua, bahwa China akan menjadi negara yang "berkembang penuh, kaya, dan kuat" pada 2049.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)