Ucapkan Terima Kasih Dapat Bantuan, Taliban Desak AS Tunjukkan Hati

Rabu, 15 September 2021 - 22:31 WIB
loading...
Ucapkan Terima Kasih Dapat Bantuan, Taliban Desak AS Tunjukkan Hati
Taliban ucapkan terima kasih atas bantuan internasional. Foto/Ilustrasi
A A A
KABUL - Taliban berterima kasih kepada dunia karena menjanjikan ratusan juta dolar dalam bantuan darurat ke Afghanistan . Taliban juga mendesak Amerika Serikat (AS) untuk menunjukkan "hati" kepada negara miskin itu.

Sebuah konferensi donor di Jenewa pada hari Senin menunjukkan sejumlah negara menjanjikan total USD1,2 miliar bantuan untuk Afghanistan, yang diambil alih oleh kelompok Islam garis keras itu bulan lalu dalam serangan kilat yang mengejutkan pasukan AS yang mundur.

Afghanistan, yang sudah sangat bergantung pada bantuan, menghadapi krisis ekonomi, dengan pemerintah baru tidak mampu membayar gaji dan harga pangan melonjak.

Amir Khan Muttaqi, penjabat menteri luar negeri rezim Taliban, mengatakan pada konferensi pers bahwa kelompok itu akan membelanjakan uang donor dengan bijak dan menggunakannya untuk mengentaskan kemiskinan.

"Imarah Islam akan mencoba yang terbaik untuk memberikan bantuan ini kepada orang-orang yang membutuhkan dengan cara yang benar-benar transparan," kata Muttaqi seperti dikutip dari Al Araby, Rabu (15/9/2021).

Dia juga meminta Washington untuk menunjukkan penghargaan kepada Taliban yang mengizinkan AS menyelesaikan penarikan pasukan dan evakuasi lebih dari 120.000 orang bulan lalu.

"Amerika adalah negara besar, mereka harus memiliki hati yang besar," ujarnya.

Muttaqi mengatakan Afghanistan, yang juga menghadapi kekeringan, telah menerima bantuan dari negara-negara seperti Pakistan, Qatar dan Uzbekistan, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.



Dia mengatakan dia telah mengadakan diskusi dengan duta besar China tentang vaksin virus Corona dan tujuan kemanusiaan lainnya, dengan Beijing menjanjikan USD15 juta yang akan "segera" tersedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)