Daftar Negara-negara Arab Sekutu Israel

Jum'at, 26 April 2024 - 19:30 WIB
loading...
Daftar Negara-negara Arab Sekutu Israel
Presiden Israel Isaac Herzog bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 30 Januari 2022. Foto/Mohamed Al Hammadi/Kementerian Kepresidenan/WAM/REUTERS
A A A
KAIRO - Hubungan antara Israel dan negara-negara Arab telah lama menjadi topik yang kompleks dan dinamis dalam politik global.

Meskipun konflik dan ketegangan sering mendominasi narasi, ada juga sejumlah negara Arab yang telah membangun hubungan diplomatik dengan Israel.

Sejarah hubungan ini bervariasi dari satu negara ke negara lain, dengan beberapa memilih untuk menjalin hubungan resmi dan terbuka, sementara yang lain memilih pendekatan yang lebih diam-diam.

Beberapa negara Arab telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel, sementara yang lain telah membangun hubungan dagang dan keamanan.

Berikut adalah daftar negara-negara Arab yang telah membangun berbagai tingkat hubungan dengan Israel.

1. Mesir


Pada tahun 1979, Presiden Mesir Anwar Sadat menandatangani perjanjian damai dengan Israel yang telah dinegosiasikan selama KTT Camp David bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Jimmy Carter tahun sebelumnya.

Menurut perjanjian tersebut, Israel akan menyerahkan Semenanjung Sinai kepada Mesir sebagai ganti pengakuan penuh Mesir terhadap negara Israel dan pembentukan hubungan diplomatik penuh.

2. Yordania


Pada 26 Oktober 1994, Raja Hussein dari Yordania dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin secara resmi menjalin perdamaian selama upacara yang disaksikan oleh Presiden AS saat itu, Bill Clinton.

Ini terjadi setahun setelah Perjanjian Damai Oslo antara Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

3. Uni Emirat Arab (UEA)


Pada 15 September 2020, Presiden AS Donald Trump bersama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menandatangani perjanjian dengan Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif al-Zayani dan Menteri Luar Negeri Emirati Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)