Ukraina Tak Sengaja Bocorkan Lokasi Jet Tempur F-16, Diduga Diserang Rusia

Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:26 WIB
loading...
Ukraina Tak Sengaja...
Angkatan Udara Ukraina tak sengaja membocorkan lokasi jet tempur F-16 pasokan Barat, yakni di pangkalan Kolomyia, Ivano-Frankivsk, dalam video yang dirilis. Foto/Kyiv Post
A A A
KYIV - Angkatan Udara Ukraina secara tidak sengaja mengungkapkan lokasi jet tempur F-16 pasokan Barat dalam sebuah video baru-baru ini. Sementara itu, media Rusia menduga pesawat itu telah terkena serangan Moskow.

Rekaman video tersebut, yang dimaksudkan sebagai penghormatan kepada seorang pilot yang meninggal, tampaknya tidak sengaja mengungkapkan bahwa pesawat yang sangat berharga ini ditempatkan di lapangan terbang militer Kolomyia di wilayah Ivano-Frankovsk.

Pada 25 Agustus, komandan Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk merilis sebuah video untuk menandai peringatan pertama kematian tragis pilot Angkatan Udara Ukraina Mayor Andrii Pilshchykov, yang dikenal luas dengan tanda panggilannya; "Juice".



Video tersebut ditujukan untuk menghormati warisan dan dedikasi Juice kepada Angkatan Udara Ukraina.

Dalam adegan yang mengharukan, Oleshchuk menepati komitmen yang dibuat selama upacara perpisahan Juice dengan mengizinkan ibu Juice, Liliia, untuk menempati kokpit jet tempur F-16.

Sikap tulus ini melambangkan impian Juice untuk menerbangkan pesawat canggih buatan Amerika Serikat tersebut, sebuah visi yang telah dia perjuangkan tanpa lelah hingga kematiannya yang prematur.

Juice telah menjadi pendukung vokal untuk memodernisasi Angkatan Udara negaranya, dengan menyoroti perlunya jet tempur canggih seperti F-16.

Meskipun dia meninggalkan dinas militer pada tahun 2021 karena frustrasi dengan sistem era Soviet, Juice bergabung kembali dengan jajarannya setelah Rusia melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina.

Kecintaannya pada penerbangan dan komitmennya untuk membela negaranya membuatnya kembali menerbangkan misi tempur. Tindakannya juga berkontribusi pada legenda "Hantu Kyiv"—simbol perlawanan terhadap agresi Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)