Putin: Izinkan Ukraina Gunakan Rudal Jarak Jauh Berarti NATO Perang Melawan Rusia!

Jum'at, 13 September 2024 - 08:17 WIB
loading...
Putin: Izinkan Ukraina...
Presiden Vladimir Putin memperingatkan NATO bahwa pengunaan rudal jarak jauh pasokan Barat oleh Ukraina berarti aliansi tersebut berperang melawan Rusia. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengeluarkan peringatan terbaru kepada NATO soal konsekuensi mengizinkan Ukraina menggunakan rudal jarak jauh pasokan Barat untuk menyerang wilayah Rusia.

Pemimpin Kremlin tersebut mengatakan pemberian izin seperti itu secara efektif berarti partisipasi langsung NATO dalam perang melawan Rusia.

"Upaya untuk mengganti konsep sedang dilakukan, karena kita tidak berbicara tentang 'memberi otorisasi' atau 'melarang' rezim Kyiv menyerang wilayah Rusia. Mereka sudah melakukannya dengan bantuan pesawat nirawak dan cara lain," kata Putin.

"Namun, ketika kita berbicara tentang penggunaan senjata presisi jarak jauh buatan Barat, itu adalah masalah yang sama sekali berbeda," lanjut Putin dalam sebuah wawancara dengan televisi Rusia pada hari Kamis, yang dilansir Sputnik, Jumat (13/9/2024).



"Saya telah menyebutkan hal ini, dan semua pakar akan mengonfirmasi, baik di negara kita maupun di Barat, bahwa tentara Ukraina tidak mampu [secara independen] melakukan serangan menggunakan sistem presisi jarak jauh modern Barat. Mereka tidak dapat melakukan ini. Ini hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan intelijen dari satelit yang tidak dimiliki Ukraina. Data ini hanya tersedia dari satelit Uni Eropa atau Amerika Serikat, dengan kata lain, dari satelit NATO. Itulah poin pertama," papar Putin.

"Poin kedua dan yang sangat penting, mungkin poin kunci adalah bahwa hanya prajurit NATO yang dapat melakukan penugasan penerbangan ke sistem rudal ini. Prajurit Ukraina tidak dapat melakukan ini," sambung sang presiden.

"Jadi ini bukan tentang apakah akan mengizinkan rezim Ukraina menyerang Rusia menggunakan senjata ini atau tidak, tetapi tentang memutuskan apakah negara-negara NATO terlibat langsung dalam konflik militer atau tidak. Jika keputusan seperti itu diambil, itu berarti tidak lain adalah partisipasi langsung negara-negara NATO, Amerika Serikat, negara-negara Eropa, dalam perang di Ukraina."

"Ini akan menjadi partisipasi langsung mereka, dan ini, tentu saja, mengubah esensi, sifat dasar konflik. Ini berarti bahwa negara-negara NATO, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa, berperang dengan Rusia," lanjut Putin.

"Dan jika demikian, mengingat perubahan sifat dasar konflik, kami akan membuat keputusan yang tepat berdasarkan ancaman yang akan dihadapi kami," imbuh dia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)