Ukraina Tak Sengaja Bocorkan Lokasi Jet Tempur F-16, Diduga Diserang Rusia

Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:26 WIB
loading...
Ukraina Tak Sengaja...
Angkatan Udara Ukraina tak sengaja membocorkan lokasi jet tempur F-16 pasokan Barat, yakni di pangkalan Kolomyia, Ivano-Frankivsk, dalam video yang dirilis. Foto/Kyiv Post
A A A
KYIV - Angkatan Udara Ukraina secara tidak sengaja mengungkapkan lokasi jet tempur F-16 pasokan Barat dalam sebuah video baru-baru ini. Sementara itu, media Rusia menduga pesawat itu telah terkena serangan Moskow.

Rekaman video tersebut, yang dimaksudkan sebagai penghormatan kepada seorang pilot yang meninggal, tampaknya tidak sengaja mengungkapkan bahwa pesawat yang sangat berharga ini ditempatkan di lapangan terbang militer Kolomyia di wilayah Ivano-Frankovsk.

Pada 25 Agustus, komandan Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk merilis sebuah video untuk menandai peringatan pertama kematian tragis pilot Angkatan Udara Ukraina Mayor Andrii Pilshchykov, yang dikenal luas dengan tanda panggilannya; "Juice".



Video tersebut ditujukan untuk menghormati warisan dan dedikasi Juice kepada Angkatan Udara Ukraina.

Dalam adegan yang mengharukan, Oleshchuk menepati komitmen yang dibuat selama upacara perpisahan Juice dengan mengizinkan ibu Juice, Liliia, untuk menempati kokpit jet tempur F-16.

Sikap tulus ini melambangkan impian Juice untuk menerbangkan pesawat canggih buatan Amerika Serikat tersebut, sebuah visi yang telah dia perjuangkan tanpa lelah hingga kematiannya yang prematur.

Juice telah menjadi pendukung vokal untuk memodernisasi Angkatan Udara negaranya, dengan menyoroti perlunya jet tempur canggih seperti F-16.

Meskipun dia meninggalkan dinas militer pada tahun 2021 karena frustrasi dengan sistem era Soviet, Juice bergabung kembali dengan jajarannya setelah Rusia melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina.

Kecintaannya pada penerbangan dan komitmennya untuk membela negaranya membuatnya kembali menerbangkan misi tempur. Tindakannya juga berkontribusi pada legenda "Hantu Kyiv"—simbol perlawanan terhadap agresi Rusia.

Dia sering berinteraksi dengan media Barat, seperti The Washington Post, CNN, dan BBC News, secara konsisten menyerukan sekutu Ukraina untuk memasok jet tempur modern.

Tanda panggilannya; "Juice", adalah nama panggilan yang dia peroleh saat berlatih dengan Garda Nasional Udara AS di California, tempat dia lebih suka jus daripada alkohol menjadi topik ringan dalam pertemanan di antara teman-teman Ukraina dan Amerika-nya.

Kematian mendadak Juice pada 26 Agustus 2023, bersama pilot Viacheslav Minka dan Serhii Prokazin, terjadi ketika dua pesawat tempur dan latih Ukraina bertabrakan saat bermanuver di Oblast Zhytomyr.



Kecelakaan tragis itu menyebabkan penyelidikan oleh Biro Investigasi Negara, yang memeriksa kemungkinan penyebab, termasuk kerusakan teknis, kesalahan pilot, dan pelanggaran organisasi penerbangan.

Awal tahun ini, dilaporkan bahwa penyelidikan masih berlangsung; namun, penyelidikan telah menepis kemungkinan sabotase karena tidak ada bukti pendukung.

F-16 Dilacak ke Pangkalan Udara Militer Kolomyia


Media Ukraina dilaporkan mengambil langkah-langkah ekstensif untuk mengaburkan informasi sensitif sebelum menerbitkan video yang memperlihatkan jet tempur F-16.

Namun, terlepas dari upaya-upaya ini, kelalaian kritis memungkinkan analis Rusia untuk menentukan lokasi pasti jet-jet tersebut.

Fitur yang dapat diidentifikasi dalam video Angkatan Udara Ukraina memperlihatkan blok perumahan (koordinat: 48°53’55.0″N, 24°41’02.5″E) yang sedang dibangun di sebelah Pangkalan Angkatan Udara.

Saluran Telegram “Military Chronicle” membagikan bingkai-bingkai dari video tersebut, yang memperlihatkan para jet tempur yang ditempatkan di pangkalan udara militer Kolomyia di wilayah Ivano-Frankivsk.

Sementara saluran tersebut menyatakan bingkai-bingkai ini mungkin telah disertakan secara tidak sengaja, saluran tersebut juga berspekulasi tentang strategi yang disengaja.

Salah satu teori menyatakan video tersebut menciptakan narasi bahwa F-16 hanya dioperasikan dari wilayah Ukraina. Namun, pada kenyataannya, pesawat-pesawat ini mungkin juga terbang dari lapangan udara di negara-negara tetangga NATO, sehingga menambah lapisan ambiguitas strategis.

Identifikasi lapangan udara Kolomyia sebagai pangkalan jet-jet ini tidak terlalu mengejutkan. Fasilitas Angkatan Udara Ukraina ini telah lama dianggap sebagai lokasi yang memungkinkan untuk penempatan F-16, terutama karena jaraknya yang jauh dari perbatasan Rusia dan ketersediaan hanggar pesawat yang diperkuat yang memberikan perlindungan yang lebih baik.

Jika tidak disengaja, pengungkapan lokasi F-16 dapat berdampak serius pada keamanan aset-aset berharga ini. Dengan lokasi lapangan udara Kolomyia yang sekarang berpotensi diketahui oleh musuh, protokol keamanan yang lebih ketat mungkin diperlukan untuk menjaga keamanan jet-jet tersebut dan mencegah serangan militer Rusia.

Sementara itu, media dan saluran Telegram Rusia melaporkan pada Senin (26/8/2024) bahwa pasukan Moskow telah melakukan serangan terhadap pangkalan udara Ukraina di Ivano-Frankivsk, yang diyakini menampung F-16.

Sumber-sumber informasi pro-Rusia, termasuk RIA Novosti, mengeklaim bahwa serangan itu menargetkan hanggar yang berisi peralatan militer dan ledakan itu terjadi di daerah di mana Angkatan Bersenjata Ukraina diduga melindungi dua jet F-16.

"Tidak hanya fasilitas listrik yang diserang, hanggar dengan pesawat yang baru dipasok juga diserang di Ivano-Frankovsk. Dua F-16 disembunyikan di sana, menurut [kelompok] perlawanan bawah tanah," kata Sergey Lebedev dari kelompok perlawanan bawah tanah pro-Rusia melalui Telegram, yang dikutip kantor berita TASS.

Klaim-klaim tersebut belum dapat diverifikasi secara independen.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)