Irak Tolak Wilayahnya Digunakan untuk Menyerang Iran

Kamis, 12 September 2024 - 21:30 WIB
loading...
Irak Tolak Wilayahnya...
Presiden Iran Masoud Pezeshkian (kiri) disambut Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani di Baghdad, Irak, 11 September 2024. Foto/Murtadha Al-Sudani/AP
A A A
BAGHDAD - Perdana Menteri (PM) Irak Mohammed Shia Al-Sudani menegaskan Irak menolak segala bentuk penggunaan wilayahnya untuk melancarkan ancaman terhadap Iran.

"Kami menolak penggunaan wilayah kami untuk segala bentuk ancaman lintas batas terhadap Republik Islam Iran," tegas Sudani dalam konferensi pers bersama di Baghdad dengan Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

Ketegangan regional meningkat sejak pembunuhan kepala politik Hamas, Dr Ismail Haniyeh, di Iran setelah dia menghadiri upacara pelantikan Pezeshkian Juli lalu.

Sementara Iran dan Hamas menuduh Israel melakukan pembunuhan Haniyeh, Tel Aviv tidak membantah atau mengonfirmasi bertanggung jawab.

Pezeshkian tiba di Irak dalam kunjungan empat hari pada Rabu pagi, perjalanan luar negeri pertamanya sejak dia memangku jabatan.

Kedua pihak menandatangani 14 perjanjian kerja sama bilateral selama kunjungan Presiden Iran pada hari Rabu.

Selama konferensi pers, Pezeshkian menekankan pentingnya penerapan perjanjian kerja sama keamanan antara kedua negara “untuk memerangi terorisme”, khususnya berfokus pada perang melawan kelompok teror Daesh (ISIS) dan upaya mengekang penyelundupan lintas batas.

“Jika kita bersatu, kita dapat mengambil langkah-langkah signifikan. Perjalanan ini merupakan kesempatan besar untuk berbagi perspektif dan mengambil langkah selanjutnya dalam kerangka perjanjian dan kesepahaman yang telah ditandatangani,” papar dia.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)