Ukraina Tak Sengaja Bocorkan Lokasi Jet Tempur F-16, Diduga Diserang Rusia

Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:26 WIB
loading...
A A A
Dia sering berinteraksi dengan media Barat, seperti The Washington Post, CNN, dan BBC News, secara konsisten menyerukan sekutu Ukraina untuk memasok jet tempur modern.

Tanda panggilannya; "Juice", adalah nama panggilan yang dia peroleh saat berlatih dengan Garda Nasional Udara AS di California, tempat dia lebih suka jus daripada alkohol menjadi topik ringan dalam pertemanan di antara teman-teman Ukraina dan Amerika-nya.

Kematian mendadak Juice pada 26 Agustus 2023, bersama pilot Viacheslav Minka dan Serhii Prokazin, terjadi ketika dua pesawat tempur dan latih Ukraina bertabrakan saat bermanuver di Oblast Zhytomyr.



Kecelakaan tragis itu menyebabkan penyelidikan oleh Biro Investigasi Negara, yang memeriksa kemungkinan penyebab, termasuk kerusakan teknis, kesalahan pilot, dan pelanggaran organisasi penerbangan.

Awal tahun ini, dilaporkan bahwa penyelidikan masih berlangsung; namun, penyelidikan telah menepis kemungkinan sabotase karena tidak ada bukti pendukung.

F-16 Dilacak ke Pangkalan Udara Militer Kolomyia


Media Ukraina dilaporkan mengambil langkah-langkah ekstensif untuk mengaburkan informasi sensitif sebelum menerbitkan video yang memperlihatkan jet tempur F-16.

Namun, terlepas dari upaya-upaya ini, kelalaian kritis memungkinkan analis Rusia untuk menentukan lokasi pasti jet-jet tersebut.

Fitur yang dapat diidentifikasi dalam video Angkatan Udara Ukraina memperlihatkan blok perumahan (koordinat: 48°53’55.0″N, 24°41’02.5″E) yang sedang dibangun di sebelah Pangkalan Angkatan Udara.

Saluran Telegram “Military Chronicle” membagikan bingkai-bingkai dari video tersebut, yang memperlihatkan para jet tempur yang ditempatkan di pangkalan udara militer Kolomyia di wilayah Ivano-Frankivsk.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)