Gunakan MANPAD, Ukraina Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia Senilai Rp771 Miliar

Jum'at, 13 September 2024 - 07:16 WIB
loading...
Gunakan MANPAD, Ukraina...
Gunakan MANPAD, pasukan Ukraina tembak jatuh jet tempur Su-30SM Rusia senilai lebih dari Rp771 miliar. Foto/Irkut Press Office
A A A
KYIV - Pasukan Ukraina telah menembak jatuh salah satu jet tempur tercanggih Rusia di atas Laut Hitam. Pesawat yang ditembak adalah Su-30SM senilai USD50 juta atau lebih dari Rp771 miliar.

Intelijen Pertahanan Ukraina (DIU) pada hari Kamis merilis video yang menunjukkan penghancuran jet tempur Moskow tersebut.

DIU mengatakan salah satu unitnya menggunakan sistem pertahanan udara portabel manusia (MANPAD) untuk menargetkan jet tempur Sukhoi Su-30SM Rusia.

Menurut DIU, pesawat itu milik Resimen Penerbangan Laut Terpisah ke-43 Angkatan Udara Rusia yang bermarkas di lapangan terbang Saky di Crimea.



Pesawat itu hilang dari radar sekitar pukul 05.00 pagi pada hari Selasa, yang menurut DIU, memicu operasi pencarian dan penyelamatan yang melibatkan pesawat An-26 dan helikopter Mi-8 dan Ka-27.

"Para penyerbu melaporkan kepada komando tentang tumpahan bahan bakar penerbangan yang ditemukan di laut, 70 kilometer barat laut Tanjung Tarkhankut, dan segera melihat reruntuhan Su-30SM yang hancur," bunyi pernyataan DIU, yang dilansir Newsweek, Jumat (13/9/2024).

Rekaman video menunjukkan pesawat itu terbang melintasi langit dan video tersebut kemudian beralih ke ledakan di langit, yang memicu reaksi keras dari para pengguna media sosial.

"Penghancuran jet Su-30SM oleh rudal MANPADS dari kapal GUR di Laut Hitam dekat rig pengeboran Crimea-2," tulis akun @C4H10FO2P di X dengan mengunggah video serangan berdurasi 53 detik.

Akun @OSINTtechnical menulis: "Pasukan khusus Ukraina berhasil menembak jatuh jet tempur multiperan Su-30SM milik Angkatan Laut Rusia saat menyerbu anjungan minyak Laut Hitam pada hari Selasa. Tampaknya satu tim MANPADS Ukraina berhasil menghantam jet tempur Rusia."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)