5 Kelemahan Liga Desa yang Dijagokan Israel untuk Menggantikan Hamas di Gaza

Kamis, 07 Maret 2024 - 18:18 WIB
loading...
5 Kelemahan Liga Desa yang Dijagokan Israel untuk Menggantikan Hamas di Gaza
Liga Desa yang dijagokan Israel memimpin Gaza memiliki banyak kelemahan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perang brutal Israel di Gaza dan pendudukan kembali sebagian besar wilayah Palestina, meskipun ada perlawanan terus-menerus dari Hamas dan kelompok lain, telah meninggalkan dilema bagi Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak banyak memberikan rencana “sehari setelahnya” untuk Gaza dan mengatakan bahwa Israel bermaksud mempertahankan “kendali keamanan” atas Gaza, namun hanya memberikan sedikit rincian. Namun, dalam beberapa hari terakhir, ada laporan tentang bagaimana Israel berencana untuk menguasai Jalur Gaza, atau setidaknya bagian-bagian yang berhasil didudukinya.

Netanyahu telah mengesampingkan mengizinkan Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat milik Presiden Mahmoud Abbas untuk mengelola Gaza. Israel tampaknya berencana untuk mengizinkan apa yang mereka sebut sebagai “klan keluarga yang berpengaruh” atau biasa disebut dengan Liga Desa untuk memainkan peran dalam mengelola wilayah Gaza yang mereka kendalikan.

Jerusalem Post melaporkan bahwa Israel ingin menggunakan klan-klan ini sebagai "perisai" terhadap serangan Hamas, dengan mengatakan bahwa "bahkan Hamas takut membuat marah keluarga besar yang memiliki pengaruh dan kekuasaan dan mungkin juga memiliki senjata".

Peran klan yang diharapkan tampaknya terbatas pada memberikan layanan dan menjalankan urusan lokal, serta mungkin bertindak sebagai penegak hukum lokal untuk militer Israel. Namun, Israel telah mencoba eksperimen serupa sebelumnya di Tepi Barat dan berakhir dengan kegagalan total. Pada tahun 1980an, untuk melawan pengaruh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di wilayah pendudukan, Israel membentuk Liga Desa.

5 Kelemahan Liga Desa yang Dijagokan Israel untuk Menggantikan Hamas di Gaza

1. Liga Desa Adalah Kepemimpinan Masyarakat Lokal

5 Kelemahan Liga Desa yang Dijagokan Israel untuk Menggantikan Hamas di Gaza

Foto/Reuters

Setelah Israel menduduki Tepi Barat dan Jalur Gaza pada tahun 1967, wilayah tersebut relatif tenang selama beberapa tahun. Namun, PLO tetap bersenjata dan aktif di luar batas-batas sejarah Palestina, kadang-kadang melakukan serangan terhadap Israel, pertama dari Yordania dan kemudian dari Lebanon.

Pada tahun 1976, Israel mengadakan pemilihan lokal di Tepi Barat dengan harapan dapat memberikan legitimasi terhadap pendudukannya dan menciptakan kepemimpinan lokal Palestina yang “moderat” yang bersedia menerima otonomi di bawah pemerintahan Israel.

Namun, rencana ini menjadi bumerang ketika kandidat pro-PLO meraih kemenangan besar di seluruh kota di Tepi Barat. Alih-alih mendapatkan kelas politik Palestina yang patuh dan siap melakukan perintahnya dan menerima pendudukannya, Israel malah memberikan legitimasi kepada musuh yang pada saat itu tidak mereka akui.

Oleh karena itu, hal ini mendorong pembentukan Liga Desa yang tidak melalui proses pemilihan, yang awalnya ditampilkan sebagai “entitas non-politik”, yang berkaitan dengan urusan pertanian dan mewakili warga Palestina yang tinggal di daerah pedesaan yang tidak dilayani oleh dewan kota yang kini didominasi oleh pejabat terpilih yang pro-PLO.


2. Liga Desa Adalah Warisan Kuno saat Yordania Pernah Menguasai Tepi Barat

5 Kelemahan Liga Desa yang Dijagokan Israel untuk Menggantikan Hamas di Gaza

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)