10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Kamis, 08 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Faktanya, dana kekayaan negr dari tingkat utang publik saat ini. Akibatnya, Norwegia secara de facto tidak memiliki utang bersih.

Sebagai latihan mental, menarik untuk memikirkan apa yang akan dilakukan pemerintah negara-negara Eropa Selatan jika mereka mempunyai pendapatan miliaran dolar dari eksploitasi ladang minyak. Dugaan saya adalah alih-alih menabung dan menginvestasikan uang itu untuk jangka panjang, mereka akan menggunakannya sebagai jaminan untuk meminjam uang hari ini dan langsung membelanjakannya.

4. Denmark

Melansir Clear Finances, ada negara Skandinavia ketiga yang masuk dalam daftar, Denmark, dengan utang publik setara dengan 42% PDB, tingkat pembangunan ekonomi yang sangat tinggi, negara kesejahteraan yang sangat baik, dan sumber daya alam yang sangat sedikit.

Menariknya, Jerman sering disebut-sebut sebagai contoh yang patut ditiru oleh negara lain. Namun, Denmark jauh lebih makmur dan bebas secara ekonomi dibandingkan Jerman. Dan keuangan publiknya jauh lebih sehat. Perbedaan utama antara Denmark dan Jerman adalah bahwa politisi Denmark tidak memikirkan hal tersebut

5. Republik Ceko

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, sejauh ini, orang hanya membicarakan negara-negara yang sangat makmur. Namun memiliki keuangan publik yang sehat bukanlah soal seberapa kaya suatu negara, namun prioritas apa yang dimilikinya. Oleh karena itu, perekonomian dapat tumbuh tanpa harus berhutang secara besar-besaran.

Faktanya, pertumbuhan ekonomi riil dan keuangan publik yang sehat berjalan seiring. Pembangunan ekonomi harus merupakan hasil dari masyarakat yang memproduksi lebih banyak barang dan jasa, sehingga meningkatkan standar hidup penduduk.

Peningkatan belanja pemerintah tidak dapat meningkatkan kinerja perekonomian atau meningkatkan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan.

Dengan demikian, Republik Ceko merupakan salah satu negara dengan keberhasilan ekonomi terbesar dalam tiga dekade terakhir. Sejak berakhirnya komunisme, negara Eropa Tengah ini telah mampu tumbuh sedemikian rupa sehingga melampaui Spanyol dan Italia dalam hal PDB er kapita riil.

Dan semua ini dicapai tanpa harus menanggung utang publik yang berarti. Utang pemerintah Ceko mencapai 38% dari PDB.

6. Estonia

Melansir Clear Finances, negara-negara Baltik adalah contoh lain dari pembangunan ekonomi yang luar biasa tanpa tergoda untuk mengambil banyak utang. Dari tiga negara Baltik, kami akan fokus pada Estonia, yang utang publiknya setara dengan 18% PDB negara tersebut.

Faktanya, Estonia bukan hanya negara sukses yang hampir tidak punya utang, tapi juga salah satu negara terkaya. Selain itu, lintasan pertumbuhan jangka panjangnya masih sangat kuat.

Dengan jumlah penduduk kurang dari satu setengah juta jiwa, dan tidak memiliki sumber daya alam, Estonia menjadi bagian dari Uni Soviet hingga tahun 1991. Kurang dari tiga dekade kemudian, perekonomiannya sudah lebih kaya dibandingkan banyak negara Barat, termasuk Spanyol dan Italia.

7. Singapura

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)