10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Kamis, 08 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang
Rusia merupakan negara yang tidak memiliki utang publik. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Sebagian besar negara-negara Barat sudah terbiasa mengeluarkan utang untuk membiayai pembangunan. Tapi itu bukanlah suatu keharusan.

Utang publik adalah salah satu masalah besar di zaman ini. Beban utang yang ada saat ini belum pernah terjadi sebelumnya. Dan yang lebih parah lagi, dana tersebut diakumulasikan untuk membiayai belanja jangka pendek. Kami tidak punya apa-apa untuk ditunjukkan.

Di masa lalu, satu-satunya alasan suatu negara mempunyai utang dalam jumlah besar adalah karena peristiwa yang terjadi di luar negeri, seperti perang dunia. Dan keinginan untuk mempertahankan daerahnya membuat pemerintah rela mengeluarkan uang secara sembarangan.

Namun, utang yang diambil pemerintah dalam beberapa dekade terakhir sebagian besar digunakan untuk membiayai pengeluaran yang tidak penting. Dengan kata lain, alih-alih hidup sesuai dengan kemampuan kita, kita memilih untuk terus berhutang, tidak mengkhawatirkan bagaimana hutang tersebut akan dibayar kembali di masa depan.

Masyarakat telah menunjukkan tingkat ketidakpedulian dan keegoisan yang tinggi. Dan para politisi telah mengambil keuntungan dari hal ini, membuat janji-janji kepada publik dengan satu-satunya tujuan agar mereka terpilih untuk menduduki jabatan tersebut.

Dampaknya adalah hampir semua negara-negara besar di dunia berada dalam situasi yang sangat rentan. Banyak pejabat mencoba membenarkan hal ini dengan argumen bahwa utang publik yang tinggi adalah harga yang harus dibayar untuk memiliki perekonomian yang maju. Tapi itu tidak jauh dari kebenaran.

Negara-negara kaya tidak kaya karena mereka berhutang banyak. Hutang hanya membantu dalam jangka pendek. Namun dalam jangka panjang, utang menimbulkan banyak masalah. Kenyataannya adalah negara-negara kaya tetap kaya meskipun utang publik mereka tinggi.

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya Masih Berperang

1. Swiss

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, tidak mengherankan melihat Swiss masuk dalam daftar ini. Swiss adalah negara yang, dalam hampir semua metrik ekonomi dan sosial, merupakan contoh yang patut ditiru.

Dengan populasi hampir 9 juta orang, Swiss tidak memiliki sumber daya alam, tidak memiliki akses terhadap laut, dan hampir tidak ada utang publik. Yang dimilikinya adalah tata kelola yang baik, supremasi hukum, stabilitas, dan fokus pada jangka panjang.

Dengan utang publik sebesar 42% dari PDB, negara Eropa Tengah ini dikelilingi oleh beberapa negara pengutang terbesar di dunia, seperti Italia dan Perancis.


2. Swedia

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, dengan utang publik setara dengan 37% produk domestik bruto dan jumlah penduduk 10,5 juta jiwa, Swedia adalah salah satu negara terkaya di Eropa.

Swedia tidak memiliki sumber daya alam yang berarti, sehingga kemakmurannya bergantung pada pembangunan ekonomi dan industri di negara tersebut.

Negara Skandinavia adalah salah satu kasus yang paling menarik. Hal ini karena Swedia mempunyai negara kesejahteraan yang sangat besar dan kebijakan sosial yang sangat baik. Memang benar, banyak politisi di negara-negara yang mempunyai banyak hutang menolak untuk mempertimbangkan penyeimbangan anggaran dengan alasan bahwa Swedia adalah negara dengan belanja publik yang tinggi dan negara kesejahteraan yang besar.

Namun, para politisi tersebut gagal menyadari bahwa Swedia mampu mewujudkan negara kesejahteraan seperti itu, tidak seperti negara-negara seperti Spanyol, Perancis, Argentina atau Italia.

Oleh karena itu, jika mereka menginginkan negara kesejahteraan yang murah hati dan berkelanjutan, mereka akan memprioritaskan pembangunan ekonomi dan anggaran berimbang.

3. Norwegia

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, di sebelah barat Swedia terdapat Norwegia, negara Skandinavia lainnya dengan keuangan publik yang sehat. Dalam kasus Norwegia, utang publik mencapai 41% PDB. Perlu juga dicatat bahwa PDB per kapita Norwegia adalah salah satu yang tertinggi di dunia.

Norwegia selain merupakan negara yang sangat makmur juga memiliki sumber daya alam yang sangat besar. Cadangan minyak dan gas bumi merupakan sumber pendapatan negara yang sangat besar.

Namun penting untuk menyadari bahwa pendapatan dari ekstraksi bahan bakar fosil tidak digunakan untuk membiayai pengeluaran saat ini, namun digunakan untuk mendanai dana kekayaan negara. Tujuannya adalah untuk menjamin kesejahteraan warganya di masa depan setelah cadangan tersebut habis.

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Faktanya, dana kekayaan negr dari tingkat utang publik saat ini. Akibatnya, Norwegia secara de facto tidak memiliki utang bersih.

Sebagai latihan mental, menarik untuk memikirkan apa yang akan dilakukan pemerintah negara-negara Eropa Selatan jika mereka mempunyai pendapatan miliaran dolar dari eksploitasi ladang minyak. Dugaan saya adalah alih-alih menabung dan menginvestasikan uang itu untuk jangka panjang, mereka akan menggunakannya sebagai jaminan untuk meminjam uang hari ini dan langsung membelanjakannya.

4. Denmark

Melansir Clear Finances, ada negara Skandinavia ketiga yang masuk dalam daftar, Denmark, dengan utang publik setara dengan 42% PDB, tingkat pembangunan ekonomi yang sangat tinggi, negara kesejahteraan yang sangat baik, dan sumber daya alam yang sangat sedikit.

Menariknya, Jerman sering disebut-sebut sebagai contoh yang patut ditiru oleh negara lain. Namun, Denmark jauh lebih makmur dan bebas secara ekonomi dibandingkan Jerman. Dan keuangan publiknya jauh lebih sehat. Perbedaan utama antara Denmark dan Jerman adalah bahwa politisi Denmark tidak memikirkan hal tersebut

5. Republik Ceko

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, sejauh ini, orang hanya membicarakan negara-negara yang sangat makmur. Namun memiliki keuangan publik yang sehat bukanlah soal seberapa kaya suatu negara, namun prioritas apa yang dimilikinya. Oleh karena itu, perekonomian dapat tumbuh tanpa harus berhutang secara besar-besaran.

Faktanya, pertumbuhan ekonomi riil dan keuangan publik yang sehat berjalan seiring. Pembangunan ekonomi harus merupakan hasil dari masyarakat yang memproduksi lebih banyak barang dan jasa, sehingga meningkatkan standar hidup penduduk.

Peningkatan belanja pemerintah tidak dapat meningkatkan kinerja perekonomian atau meningkatkan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan.

Dengan demikian, Republik Ceko merupakan salah satu negara dengan keberhasilan ekonomi terbesar dalam tiga dekade terakhir. Sejak berakhirnya komunisme, negara Eropa Tengah ini telah mampu tumbuh sedemikian rupa sehingga melampaui Spanyol dan Italia dalam hal PDB er kapita riil.

Dan semua ini dicapai tanpa harus menanggung utang publik yang berarti. Utang pemerintah Ceko mencapai 38% dari PDB.

6. Estonia

Melansir Clear Finances, negara-negara Baltik adalah contoh lain dari pembangunan ekonomi yang luar biasa tanpa tergoda untuk mengambil banyak utang. Dari tiga negara Baltik, kami akan fokus pada Estonia, yang utang publiknya setara dengan 18% PDB negara tersebut.

Faktanya, Estonia bukan hanya negara sukses yang hampir tidak punya utang, tapi juga salah satu negara terkaya. Selain itu, lintasan pertumbuhan jangka panjangnya masih sangat kuat.

Dengan jumlah penduduk kurang dari satu setengah juta jiwa, dan tidak memiliki sumber daya alam, Estonia menjadi bagian dari Uni Soviet hingga tahun 1991. Kurang dari tiga dekade kemudian, perekonomiannya sudah lebih kaya dibandingkan banyak negara Barat, termasuk Spanyol dan Italia.

7. Singapura

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, Singapura adalah salah satu pusat keuangan utama di Asia. Negara ini juga merupakan salah satu negara paling makmur di dunia. Dan semua ini dicapai tanpa harus menanggung utang publik yang berarti.

Faktanya, seperti Norwegia, Singapura memiliki lebih banyak aset dibandingkan utang. Artinya, secara de facto pemerintah Singapura tidak mempunyai utang bersih. Dan yang lebih mengesankan lagi, tanpa kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Singapura.

Ini merupakan situasi istimewa, namun warga Singapura berhak mendapatkan keistimewaan tersebut. Singapura adalah wilayah kecil yang merupakan bagian dari Malaysia hingga tahun 1965.

Dalam waktu kurang dari setengah abad, Singapura mampu berubah dari negara dunia ketiga menjadi salah satu negara paling makmur di dunia. Kerja keras dan fokus pada jangka panjang adalah dua unsur utama kesuksesan Singapura.

8. Taiwan

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, dengan utang publik di bawah 33% dari PDB dan situasi geopolitik yang sangat rumit, Taiwan, dengan populasi 24 juta jiwa, adalah contoh lain dari negara yang menjadi makmur berkat tindakan yang benar.

Perkembangan ekonomi Taiwan sudah lebih tinggi dibandingkan negara-negara adidaya di Barat, meskipun faktanya Taiwan terkenal dengan tenaga kerjanya yang murah hingga beberapa dekade yang lalu.

Taiwan saat ini adalah salah satu negara terkemuka di dunia dalam hal manufaktur semikonduktor dan peralatan elektronik lainnya, sehingga perekonomian global bergantung pada kondisi yang terus berjalan baik di wilayah ini.

9. Korea Selatan

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Sejauh ini, orang hanya berbicara tentang negara-negara yang relatif kecil, namun hal ini berbeda dalam kasus Korea Selatan dan 52 juta penduduknya.

Seperti negara-negara lain di Asia, Korea Selatan tidak memiliki sumber daya alam sendiri. Itu juga dimulai dari tempat yang sangat sulit. Faktanya, hampir setengah abad yang lalu, perkembangan ekonominya mirip dengan negara dunia ketiga.

Korea Selatan dengan cepat menjadi negara industri maju. Dan keuangan publik mereka tetap sehat selama ini. Meskipun terdapat kesulitan yang dialami sepanjang tahun 2020, utang pemerintah pada tahun 2020 hanya berada pada angka 48% dari PDB.

Sebagai gambaran, tidak ada negara besar zona euro yang mempunyai utang sebesar itu. Dan itu termasuk Jerman dan Belanda.

10. Rusia

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Akhirnya, orang menyimpulkan daftar negara-negara makmur yang hampir tidak mempunyai utang publik dengan Rusia. Rusia jauh berbeda dibandingkan 9 negara lainnya.

Dalam hal ini, kita berbicara tentang negara terbesar di dunia, dengan populasi hampir 150 juta jiwa, tingkat perkembangan ekonomi sedang, dan banyak masalah internal.

Terlepas dari semua hal tersebut, dan banyaknya kritik yang dilontarkan, Rusia telah berkembang pesat dalam dua dekade pertama abad ke-21. Kondisi kehidupan sebagian besar penduduk telah meningkat secara signifikan, meskipun masih jauh di bawah kondisi kehidupan di negara-negara Barat.

Hal yang lebih relevan untuk analisis ini adalah pertumbuhan ekonomi yang tinggi dicapai tanpa menggunakan utang pemerintah, yang mencapai 19% PDB.

Berkat tingginya cadangan devisa dan emas Rusia, seperti Norwegia dan Singapura, negara ini memiliki lebih banyak aset dibandingkan utang, yang berarti tidak memiliki utang bersih.

Untuk memahami bagaimana Rusia sampai di sana, kita perlu mengingat dua peristiwa sejarah penting.

Di satu sisi, dekade 1990-an merupakan dekade yang buruk bagi Rusia, yang puncaknya adalah kebangkrutan negara tersebut pada tahun 1998. Reputasinya di kancah internasional rusak parah.

Di sisi lain, selama dua dekade terakhir, para pejabat di Rusia menyadari bahwa negara berkembang tidak bisa berdaulat jika negara tersebut berhutang banyak kepada kreditor asing. Dan kedaulatan sangat penting bagi Rusia.

Akibatnya, Rusia memprioritaskan stabilitas keuangan publiknya, melunasi utangnya, dan meningkatkan cadangan devisanya. Dengan kata lain, mereka telah melakukan apa yang diperlukan untuk menghindari situasi seperti yang terjadi pada tahun 1998.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)