10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Kamis, 08 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A

2. Swedia

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, dengan utang publik setara dengan 37% produk domestik bruto dan jumlah penduduk 10,5 juta jiwa, Swedia adalah salah satu negara terkaya di Eropa.

Swedia tidak memiliki sumber daya alam yang berarti, sehingga kemakmurannya bergantung pada pembangunan ekonomi dan industri di negara tersebut.

Negara Skandinavia adalah salah satu kasus yang paling menarik. Hal ini karena Swedia mempunyai negara kesejahteraan yang sangat besar dan kebijakan sosial yang sangat baik. Memang benar, banyak politisi di negara-negara yang mempunyai banyak hutang menolak untuk mempertimbangkan penyeimbangan anggaran dengan alasan bahwa Swedia adalah negara dengan belanja publik yang tinggi dan negara kesejahteraan yang besar.

Namun, para politisi tersebut gagal menyadari bahwa Swedia mampu mewujudkan negara kesejahteraan seperti itu, tidak seperti negara-negara seperti Spanyol, Perancis, Argentina atau Italia.

Oleh karena itu, jika mereka menginginkan negara kesejahteraan yang murah hati dan berkelanjutan, mereka akan memprioritaskan pembangunan ekonomi dan anggaran berimbang.

3. Norwegia

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, di sebelah barat Swedia terdapat Norwegia, negara Skandinavia lainnya dengan keuangan publik yang sehat. Dalam kasus Norwegia, utang publik mencapai 41% PDB. Perlu juga dicatat bahwa PDB per kapita Norwegia adalah salah satu yang tertinggi di dunia.

Norwegia selain merupakan negara yang sangat makmur juga memiliki sumber daya alam yang sangat besar. Cadangan minyak dan gas bumi merupakan sumber pendapatan negara yang sangat besar.

Namun penting untuk menyadari bahwa pendapatan dari ekstraksi bahan bakar fosil tidak digunakan untuk membiayai pengeluaran saat ini, namun digunakan untuk mendanai dana kekayaan negara. Tujuannya adalah untuk menjamin kesejahteraan warganya di masa depan setelah cadangan tersebut habis.

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)