10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Kamis, 08 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Melansir Clear Finances, Singapura adalah salah satu pusat keuangan utama di Asia. Negara ini juga merupakan salah satu negara paling makmur di dunia. Dan semua ini dicapai tanpa harus menanggung utang publik yang berarti.

Faktanya, seperti Norwegia, Singapura memiliki lebih banyak aset dibandingkan utang. Artinya, secara de facto pemerintah Singapura tidak mempunyai utang bersih. Dan yang lebih mengesankan lagi, tanpa kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Singapura.

Ini merupakan situasi istimewa, namun warga Singapura berhak mendapatkan keistimewaan tersebut. Singapura adalah wilayah kecil yang merupakan bagian dari Malaysia hingga tahun 1965.

Dalam waktu kurang dari setengah abad, Singapura mampu berubah dari negara dunia ketiga menjadi salah satu negara paling makmur di dunia. Kerja keras dan fokus pada jangka panjang adalah dua unsur utama kesuksesan Singapura.

8. Taiwan

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, dengan utang publik di bawah 33% dari PDB dan situasi geopolitik yang sangat rumit, Taiwan, dengan populasi 24 juta jiwa, adalah contoh lain dari negara yang menjadi makmur berkat tindakan yang benar.

Perkembangan ekonomi Taiwan sudah lebih tinggi dibandingkan negara-negara adidaya di Barat, meskipun faktanya Taiwan terkenal dengan tenaga kerjanya yang murah hingga beberapa dekade yang lalu.

Taiwan saat ini adalah salah satu negara terkemuka di dunia dalam hal manufaktur semikonduktor dan peralatan elektronik lainnya, sehingga perekonomian global bergantung pada kondisi yang terus berjalan baik di wilayah ini.

9. Korea Selatan

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Sejauh ini, orang hanya berbicara tentang negara-negara yang relatif kecil, namun hal ini berbeda dalam kasus Korea Selatan dan 52 juta penduduknya.

Seperti negara-negara lain di Asia, Korea Selatan tidak memiliki sumber daya alam sendiri. Itu juga dimulai dari tempat yang sangat sulit. Faktanya, hampir setengah abad yang lalu, perkembangan ekonominya mirip dengan negara dunia ketiga.

Korea Selatan dengan cepat menjadi negara industri maju. Dan keuangan publik mereka tetap sehat selama ini. Meskipun terdapat kesulitan yang dialami sepanjang tahun 2020, utang pemerintah pada tahun 2020 hanya berada pada angka 48% dari PDB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)