10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Kamis, 08 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang
Rusia merupakan negara yang tidak memiliki utang publik. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Sebagian besar negara-negara Barat sudah terbiasa mengeluarkan utang untuk membiayai pembangunan. Tapi itu bukanlah suatu keharusan.

Utang publik adalah salah satu masalah besar di zaman ini. Beban utang yang ada saat ini belum pernah terjadi sebelumnya. Dan yang lebih parah lagi, dana tersebut diakumulasikan untuk membiayai belanja jangka pendek. Kami tidak punya apa-apa untuk ditunjukkan.

Di masa lalu, satu-satunya alasan suatu negara mempunyai utang dalam jumlah besar adalah karena peristiwa yang terjadi di luar negeri, seperti perang dunia. Dan keinginan untuk mempertahankan daerahnya membuat pemerintah rela mengeluarkan uang secara sembarangan.

Namun, utang yang diambil pemerintah dalam beberapa dekade terakhir sebagian besar digunakan untuk membiayai pengeluaran yang tidak penting. Dengan kata lain, alih-alih hidup sesuai dengan kemampuan kita, kita memilih untuk terus berhutang, tidak mengkhawatirkan bagaimana hutang tersebut akan dibayar kembali di masa depan.

Masyarakat telah menunjukkan tingkat ketidakpedulian dan keegoisan yang tinggi. Dan para politisi telah mengambil keuntungan dari hal ini, membuat janji-janji kepada publik dengan satu-satunya tujuan agar mereka terpilih untuk menduduki jabatan tersebut.

Dampaknya adalah hampir semua negara-negara besar di dunia berada dalam situasi yang sangat rentan. Banyak pejabat mencoba membenarkan hal ini dengan argumen bahwa utang publik yang tinggi adalah harga yang harus dibayar untuk memiliki perekonomian yang maju. Tapi itu tidak jauh dari kebenaran.

Negara-negara kaya tidak kaya karena mereka berhutang banyak. Hutang hanya membantu dalam jangka pendek. Namun dalam jangka panjang, utang menimbulkan banyak masalah. Kenyataannya adalah negara-negara kaya tetap kaya meskipun utang publik mereka tinggi.

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya Masih Berperang

1. Swiss

10 Negara Tanpa Utang Publik, Salah Satunya dalam Kondisi Berperang

Foto/Reuters

Melansir Clear Finances, tidak mengherankan melihat Swiss masuk dalam daftar ini. Swiss adalah negara yang, dalam hampir semua metrik ekonomi dan sosial, merupakan contoh yang patut ditiru.

Dengan populasi hampir 9 juta orang, Swiss tidak memiliki sumber daya alam, tidak memiliki akses terhadap laut, dan hampir tidak ada utang publik. Yang dimilikinya adalah tata kelola yang baik, supremasi hukum, stabilitas, dan fokus pada jangka panjang.

Dengan utang publik sebesar 42% dari PDB, negara Eropa Tengah ini dikelilingi oleh beberapa negara pengutang terbesar di dunia, seperti Italia dan Perancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0832 seconds (0.1#10.140)