China Mulai Cengkeram Maladewa, India dan AS Hanya Jadi Penonton

Senin, 05 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Pergeseran mendadak sikap Male terhadap China telah menimbulkan kekhawatiran di Delhi, yang memberikan arti penting strategis bagi negara kepulauan tersebut.

China, dengan kekuatan angkatan lautnya yang berkembang pesat, kemungkinan besar juga menginginkan akses ke lokasi strategis yang penting tersebut – sesuatu yang ingin dicegah oleh India.



“Tentu saja, Maladewa sangat penting; Maladewa adalah sisi selatan Samudera India,” kata Shyam Saran, mantan menteri luar negeri India, kepada BBC.

"Seolah-olah kita mempunyai keraguan serius mengenai apa yang terjadi di Sri Lanka, kita juga mempunyai keraguan serius mengenai hal yang mungkin terjadi di Maladewa,” kata Saran.

Namun bukan hanya Delhi yang mengkhawatirkan hubungannya dengan Maladewa.

Partai oposisi Partai Demokrat Maladewa (MDP) dan partai lainnya telah mendesak pemerintahan Muizzu untuk melakukan koreksi, dengan mengatakan bahwa bukanlah kepentingan negara tersebut untuk memusuhi negara tetangga seperti India. Pekan lalu MDP mengatakan pihaknya bahkan mempertimbangkan untuk memindahkan proses pemakzulan terhadap Muizzu.

Sebagai negara kepulauan kecil, Maladewa bergantung pada India untuk sebagian besar pangan, pembangunan infrastruktur, dan kemajuan teknologinya. Banyak warga Maladewa pergi ke India untuk berobat.

“Kebanyakan orang di sini berpikir bahwa pemerintah telah mengambil sikap bermusuhan terhadap India terlalu jauh dan hal itu sama sekali tidak perlu,” kata Aik Ahmed Easa, seorang pengacara di Male yang berafiliasi dengan oposisi MDP, kepada BBC.

“Maladewa adalah negara kecil. Tapi ini sedang memasuki fase berbahaya dimana kita masuk ke tengah persaingan negara adidaya Asia,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)