China Mulai Cengkeram Maladewa, India dan AS Hanya Jadi Penonton

Senin, 05 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
China Mulai Cengkeram Maladewa, India dan AS Hanya Jadi Penonton
China makin mencengkeram Maladewa, India dan AS pun tersingkir. Foto/BBC
A A A
MALE - Perkiraan kedatangan kapal penelitian China di Maladewa pada pekan ini telah meningkatkan ketegangan antara Beijing, Delhi dan Male. Itu menunjukkan China semakin menambah pengaruhnya di negara-negara di Samudera Hindia.

Secara resmi, kapal Xiang Yang Hong 3 berada di sana untuk "melakukan kunjungan ke pelabuhan, untuk rotasi personel dan pengisian ulang". Singkatnya, perhentian yang sepenuhnya tidak berbahaya.

Namun hal tersebut tidak terjadi di Delhi. Sebaliknya, kehadiran kapal tersebut setidaknya merupakan penghinaan diplomatik. Kemungkinan terburuknya, beberapa pihak khawatir, hal ini bisa menjadi misi untuk mengumpulkan data yang – di kemudian hari – dapat digunakan oleh militer China dalam operasi kapal selam.

Namun para pakar China mengabaikan kekhawatiran mereka.

“Kapal-kapal China melakukan penelitian ilmiah di Samudera Hindia. Aktivitas mereka di laut lepas sepenuhnya sah,” kata Zhou Bo, mantan Kolonel Senior Tentara Pembebasan Rakyat, kepada BBC.

“Kadang-kadang kapal membutuhkan pengisian ulang – seperti bahan bakar, makanan dan air. Jadi, mereka berlabuh di pelabuhan negara ketiga, dan itu adalah hal yang normal. Jadi, pemerintah India tidak perlu mempermasalahkannya. Samudera Hindia bukanlah Samudera India,” tegas Zhou, yang sekarang mengajar di Universitas Tsinghua di Beijing.

Namun ini bukan pertama kalinya China – yang bersaing memperebutkan pengaruh dengan Delhi di Samudera Hindia di tengah perselisihan yang sudah berlangsung lama mengenai perbatasan Himalaya – mengirim salah satu kapalnya berlayar dekat perairan India.

Dua kapal selam Angkatan Laut China melakukan kunjungan ke Kolombo pada tahun 2014 dan dua kapal penelitian China mengunjungi Sri Lanka, dekat ujung selatan India, dalam dua tahun terakhir, yang membuat India tidak senang.

Kedatangan mereka terjadi ketika China, yang telah meminjamkan miliaran dolar ke Kolombo, membuat terobosan signifikan ke Sri Lanka.

Kapal penelitian, Xiang Yang Hong 3, sebenarnya awalnya berencana mengunjungi Kolombo untuk mengisi ulang sebelum melanjutkan ke Maladewa. Namun hal itu telah ditangguhkan untuk saat ini, menurut Tharaka Balasuriya, menteri luar negeri junior Sri Lanka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)