Pendidikan Patriotik dan Skema Cuci Otak Generasi Muda China

Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:41 WIB
loading...
A A A
"Pemerintah Hong Kong telah mengamanatkan pendidikan "keamanan nasional" di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dan baru-baru ini mulai mengirimkan siswa untuk menyerap "budaya merah" di tempat-tempat ziarah komunis, serta menghapuskan program berpikir kritis bertajuk Studi Liberal, dan menggantinya dengan "Moral, Pendidikan Kewarganegaraan dan Nasional”.

Anggota Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, Li Huiqiong, pada hari Kamis lalu menyerukan agar Hong Kong menerapkan undang-undang tersebut, dengan langkah-langkah khusus yang akan ditetapkan dalam pidato kebijakan John Lee pekan depan. Li berharap warga Hong Kong akan mendapat "pemahaman mendalam mengenai negara mereka dan sejarahnya, sehingga menumbuhkan perasaan patriotik."

“Li juga meminta Hong Kong untuk membentuk Komite Koordinasi Pendidikan Patriotik untuk mempromosikan pendidikan patriotik di kalangan keluarga, kelompok agama, sekolah dan perusahaan. Ia telah mengucurkan dana hingga 1 miliar dolar Hong Kong untuk pembentukan komite tersebut,” tulis Radio Free Asia dalam laporannya, mengutip Hong Kong China News Agency.

Pada 2012, pemerintah Hong Kong untuk sementara menunda rencana memperkenalkan program "pendidikan patriotik" yang didukung Partai Komunis China ke sekolah-sekolah di kota tersebut. Pembatalan dilakukan setelah terjadinya aksi protes massal yang dipimpin siswa sekolah menengah bernama Joshua Wong dan kelompok kampanyenya; Scholarism.

Saat ini Joshua Wong berada di penjara. Dia menunggu persidangan berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong, yang mengkriminalisasi kritik publik terhadap pihak berwenang.

Kepala keamanan Hong Kong Chris Tang belakangan ini menyalahkan gerakan "anti-cuci otak" serta gelombang protes pro-demokrasi sebagai bagian dari tindakan "kekuatan asing" yang berusaha meradikalisasi generasi muda Hong Kong.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)