3 Motif yang Mempererat Hubungan Papua Nugini dan Israel

Senin, 13 Mei 2024 - 20:20 WIB
loading...
3 Motif yang Mempererat Hubungan Papua Nugini dan Israel
Papua Nugini memiliki hubungan yang mesra dengan Israel. Foto/Times of Israel
A A A
TEL AVIV - Pada akhir tahun lalu, Papua Nugini bergabung dengan beberapa negara untuk membuka kedutaan besar di Yerusalem. Itu dilaksanakan ketika Perdana Menteri James Marape berupaya untuk meningkatkan jumlah investasi asing dengan mempererat hubungan dengan Israel .

Marape telah berjanji kepada para pemilih untuk menjadikan Papua Nugini (PNG), sebuah negara yang kaya sumber daya namun sebagian besar belum berkembang di utara Australia, sebagai “negara Kristen kulit hitam terkaya”.

3 Motif yang Mempererat Hubungan Papua Bugini dan Israel

1. Membuka Kedutaan Besar di Yerusalem

3 Motif yang Mempererat Hubungan Papua Nugini dan Israel

Foto/Times of Israel

Dia sebelumnya mengatakan kepada parlemen bahwa Israel penting karena teknologi pertaniannya, namun kelompok gereja telah lama melobi untuk membangun kedutaan di Yerusalem.

Marape mengumumkan bahwa ia akan melakukan perjalanan ke Israel untuk menghadiri pembukaan kedutaan pada 5 September 2023 dalam pidatonya pada hari libur nasional untuk berdoa di PNG, 26 Agustus 2023, ketika ia juga mengatakan bahwa sebuah undang-undang akan diberlakukan untuk secara resmi mendeklarasikan PNG sebagai negara Kristen.

Mayoritas negara yang memiliki kehadiran diplomatik resmi di Israel mempunyai kedutaan besar di Tel Aviv, dan hanya Amerika Serikat, Kosovo, Guatemala, dan Honduras yang bermarkas di Yerusalem.


2. Membangun dan Memperkuat Keimanan

Mengutip akar alkitabiah Yahudi, Israel menganggap Yerusalem sebagai ibu kotanya yang tidak dapat dibagi. Status tersebut belum mendapat pengakuan luas di luar negeri, dan warga Palestina menginginkan bagian timur kota tersebut – yang direbut Israel dalam perang tahun 1967, dan merupakan lokasi tempat suci utama Yahudi, Kristen dan Muslim – sebagai ibu kota negara yang mereka harapkan di masa depan.

Sebuah kelompok Zionis yang berbasis di Florida dengan pendeta di PNG, PBB untuk Israel, menulis surat kepada Marape untuk mengucapkan selamat kepadanya.

Dalam surat yang dilihat oleh Reuters, presiden kelompok tersebut Dominiquae Bierman, yang telah mengunjungi PNG beberapa kali untuk berkhotbah, mengatakan bahwa dia “sangat terlibat dalam menyampaikan Pesan Alkitab kepada bangsa Anda tentang pentingnya menghormati Israel”.

“Ini termasuk penempatan kedutaan besar semua negara di ibu kota abadi Israel, Yerusalem,” kata Bierman.

3. Meningkatkan Investasi Israel ke Papua Nugini

Ketua Dewan Yahudi Papua Nugini-Israel, pengusaha Douveri Henao, akan menghadiri upacara tersebut, katanya di media sosial.

Henao merupakan anggota tim penyusun Buku Putih Kebijakan Luar Negeri Papua Nugini yang beranggotakan enam orang, yang bertugas “membentuk agenda kebijakan luar negeri Papua Nugini”, kata kantor Marape dalam sebuah pernyataan bulan lalu.

Dewan tersebut mengatakan pada bulan Januari bahwa hubungan dekat dengan Israel “penting” untuk tujuan ekonomi PNG di bidang pertanian, kesehatan dan teknologi, dan sebuah misi di Yerusalem mengakui “klaim Israel atas Yerusalem sebagai ibu kotanya berdasarkan sejarah alkitabiah dan sekuler”.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)
pixels