Latih Pilot China Mendaratkan Pesawat di Kapal Induk, Mantan Marinir AS Dituduh Melakukan Aksi Spionase

Minggu, 12 Mei 2024 - 21:21 WIB
loading...
Latih Pilot China Mendaratkan Pesawat di Kapal Induk, Mantan Marinir AS Dituduh Melakukan Aksi Spionase
Daniel Duggan, mantan pilot Marinir AS, melatih pilot China mendaratkan pesawat di kapal induk. Foto/Reuters
A A A
SYDNEY - Seorang mantan pilot Marinir AS, Daniel Duggan, 55, ditangkap otoritas keamanan Australia karena terlibat aksi spionase. Dia melatih melatih pilot militer China untuk mendarat di kapal induk dan tanpa sadar bekerja dengan seorang peretas China.

"Daniel Duggan, 55, warga negara Australia yang dinaturalisasi, khawatir permintaan informasi sensitif dari badan intelijen Barat akan membahayakan keluarganya," kata pengacara dalam pengajuan hukum yang dilihat oleh Reuters.

Pengajuan pengacara tersebut mendukung laporan Reuters yang mengaitkan Duggan dengan terpidana peretas pertahanan China, Su Bin.

Duggan membantah tuduhan bahwa dia melanggar undang-undang pengendalian senjata AS. Dia telah berada di penjara dengan keamanan maksimum Australia sejak penangkapannya pada tahun 2022 setelah kembali dari enam tahun bekerja di Beijing.

"Pihak berwenang AS menemukan korespondensi dengan Duggan pada perangkat elektronik yang disita dari Su Bin," kata pengacara Duggan, Bernard Collaery, dalam pengajuannya pada bulan Maret kepada Jaksa Agung Australia Mark Dreyfus, yang akan memutuskan apakah akan menyerahkan Duggan ke AS setelah hakim mendengarkan kasus ekstradisi Duggan.

Kasus ini akan disidangkan di pengadilan Sydney bulan ini, dua tahun setelah penangkapannya di pedesaan Australia pada saat Inggris memperingatkan mantan pilot militernya untuk tidak bekerja di China.



Su Bin, yang ditangkap di Kanada pada tahun 2014, mengaku bersalah pada tahun 2016 atas pencurian desain pesawat militer AS dengan meretas kontraktor besar pertahanan AS. Dia terdaftar di antara tujuh konspirator bersama Duggan dalam permintaan ekstradisi.

Duggan mengenal Su Bin sebagai broker pekerjaan untuk perusahaan penerbangan negara Tiongkok AVIC, tulis pengacara Collaery, dan kasus peretasan tersebut "sama sekali tidak ada hubungannya dengan klien kami".

Meskipun Su Bin "mungkin memiliki hubungan yang tidak pantas dengan agen (China), hal ini tidak diketahui klien kami", tulis pengacara Duggan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)
pixels