25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Sabtu, 16 September 2023 - 21:45 WIB
loading...
A A A
Laporan tersebut juga mencatat bahwa negara ini merupakan salah satu tujuan wisata utama dunia, karena Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia, dan garis pantainya membentang lebih dari 7.600 mil.

Namun, US News mencatat bahwa negara tersebut sedang berjuang melawan kemiskinan dan korupsi yang terus berlanjut, yang berdampak pada sistem sosial, ekonomi, dan politik Brasil.

Peringkat kekuatan negara ini didorong oleh kuatnya ekspor dan pengaruh ekonominya.

20. Spanyol

US News mencatat Spanyol adalah anggota UE, NATO, PBB, OECD, dan Organisasi Perdagangan Dunia.

Pasar ekspor yang tangguh, serta upaya restrukturisasi yang didanai Uni Eropa pada tahun 2014, telah membantu Spanyol pulih dari resesi ekonomi yang parah pada tahun 2009.

Namun meski ada upaya untuk menerapkan reformasi ketenagakerjaan, pensiun, kesehatan, pajak, dan pendidikan, sekitar seperempat penduduk Spanyol masih menganggur.

Spanyol, yang dipandang memiliki aliansi internasional, ekspor, dan pengaruh ekonomi yang kuat, turun satu peringkat dibandingkan peringkat tahun lalu.

21. Swiss

Swiss adalah negara kecil namun salah satu negara terkaya di dunia.

Kuatnya perekonomian negara ini didorong oleh tarif pajak perusahaan yang rendah, sektor jasa yang sangat maju yang didominasi oleh jasa keuangan, dan industri manufaktur berteknologi tinggi.

Karena tradisi netralitasnya yang panjang, Swiss bukan anggota UE dan tidak mendukung salah satu pihak dalam dua perang dunia. Namun, US News mencatat bahwa sikap netralnya berarti Swiss adalah lokasi markas yang populer bagi organisasi-organisasi seperti Komite Palang Merah Internasional dan PBB.

Negara ini memiliki pengaruh ekonomi yang kuat dan aliansi internasional, menurut peringkat tersebut.

Meski begitu, Swiss turun satu peringkat dari peringkat tahun lalu.

22. Qatar

US News menyebutkan Qatar adalah salah satu negara terkaya di dunia, berkat cadangan minyak dan gas alamnya. Hasilnya, warga Qatar, yang jumlah penduduknya kurang dari 3 juta jiwa, menikmati standar hidup yang tinggi.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)