25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Sabtu, 16 September 2023 - 21:45 WIB
loading...
A A A
Indonesia juga merupakan negara terpadat kedua setelah China.

Kekuatan yang dirasakan India berasal dari ekspor dan pengaruh ekonominya.

13. Kanada

US News mengatakan Kanada adalah produsen minyak terbesar keempat di dunia dan memiliki cadangan minyak terbukti terbesar ketiga.

Laporan tersebut mencatat bahwa negara tersebut adalah “masyarakat industri berteknologi tinggi dengan standar hidup yang tinggi.”

Turun satu peringkat dari tahun 2022, responden yang disurvei menyoroti pengaruh ekonomi Kanada dan aliansi internasional yang kuat.

14. Ukraina

Ukraina, yang diinvasi oleh Rusia tahun lalu, adalah anggota organisasi internasional utama seperti PBB dan Organisasi Perdagangan Dunia.

Tiga sektor ekonomi terbesar di negara ini adalah jasa, industri, dan pertanian.

Ukraina telah memperoleh dukungan politik dan militer yang besar dari sekutu Barat seperti Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara anggota UE sejak invasi besar-besaran Rusia pada Februari 2022, dan telah dipuji secara global atas perlawanannya terhadap Rusia.

Namun invasi Rusia telah menghancurkan populasi, kota, dan industri, menyebabkan kerugian besar yang mungkin memerlukan waktu puluhan tahun untuk pulih.

Persepsi militer Ukraina yang kuat merupakan faktor utama dalam peringkat kekuatannya. Posisinya sama dengan tahun 2022.

15. Turki

US News mengatakan Turki diperkirakan menjadi salah satu anggota OECD dengan pertumbuhan tercepat di tahun-tahun mendatang.

Turki, selain menjadi anggota pendiri PBB dan OECD, adalah anggota NATO.

Namun laporan tersebut juga menemukan bahwa negara tersebut menghadapi pertempuran regional, terorisme, dan ketidakstabilan politik.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0755 seconds (0.1#10.140)