25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Sabtu, 16 September 2023 - 21:45 WIB
loading...
25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?
AS masih menjadi negara terkuat di dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat , China, dan Rusia tetap tidak tertandingi sebagai negara-negara terkuat di dunia pada tahun 2023. Itu terungkap dalam peringkat kekuatan global tahun ini, yang diterbitkan oleh US News & World Report.

Pemeringkatan tersebut, yang merupakan bagian dari studi "Negara Terbaik", mensurvei 17.000 orang mengenai pendapat mereka tentang 87 negara berbeda.

Pemeringkatan ini menilai pengaruh suatu negara berdasarkan persepsi responden terhadap faktor-faktor seperti kekuatan politik, ekonomi, dan militer.

Berikut adalah 25 negara terkuat di dunia versi US News & World Report.

1. Amerika Serikat

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

US News menyebut AS sebagai negara yang "dominan", kekuatan global" dan menjaga negara ini tetap berada pada posisi jajak pendapat dalam peringkat kekuatannya.

Laporan tersebut mencatat bagaimana AS memiliki perekonomian terbesar di dunia dalam hal PDB (senilai USD25,5 triliun) dan bagaimana AS juga merupakan negara yang “paling kuat secara teknologi” di dunia.

AS adalah produsen minyak dan gas alam terbesar di dunia, serta memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia.

US News juga menyebutkan industri media yang sangat besar di negara ini dengan “pengaruh global”, “ekspor yang signifikan” di seluruh dunia, negara ini menjadi rumah bagi banyak universitas terkemuka di dunia, dan peran utamanya dalam organisasi internasional seperti PBB dan NATO.

Namun laporan ini juga mencatat beberapa “perjuangan dalam negeri” AS, termasuk politik yang terpolarisasi, kematian akibat senjata api, ketegangan rasial, dan kesenjangan pendapatan.

2. China

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

US News mencatat bagaimana China dianggap sebagai negara terbesar kedua di dunia berdasarkan luas daratan dan memiliki ekonomi terbesar kedua di dunia.

Dikatakan bahwa China telah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia sejak reformasi pada tahun 1978, dan pertumbuhan ekonominya yang pesat diakui mampu mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)