25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Sabtu, 16 September 2023 - 21:45 WIB
loading...
25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?
AS masih menjadi negara terkuat di dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat , China, dan Rusia tetap tidak tertandingi sebagai negara-negara terkuat di dunia pada tahun 2023. Itu terungkap dalam peringkat kekuatan global tahun ini, yang diterbitkan oleh US News & World Report.

Pemeringkatan tersebut, yang merupakan bagian dari studi "Negara Terbaik", mensurvei 17.000 orang mengenai pendapat mereka tentang 87 negara berbeda.

Pemeringkatan ini menilai pengaruh suatu negara berdasarkan persepsi responden terhadap faktor-faktor seperti kekuatan politik, ekonomi, dan militer.

Berikut adalah 25 negara terkuat di dunia versi US News & World Report.

1. Amerika Serikat

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

US News menyebut AS sebagai negara yang "dominan", kekuatan global" dan menjaga negara ini tetap berada pada posisi jajak pendapat dalam peringkat kekuatannya.

Laporan tersebut mencatat bagaimana AS memiliki perekonomian terbesar di dunia dalam hal PDB (senilai USD25,5 triliun) dan bagaimana AS juga merupakan negara yang “paling kuat secara teknologi” di dunia.

AS adalah produsen minyak dan gas alam terbesar di dunia, serta memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia.

US News juga menyebutkan industri media yang sangat besar di negara ini dengan “pengaruh global”, “ekspor yang signifikan” di seluruh dunia, negara ini menjadi rumah bagi banyak universitas terkemuka di dunia, dan peran utamanya dalam organisasi internasional seperti PBB dan NATO.

Namun laporan ini juga mencatat beberapa “perjuangan dalam negeri” AS, termasuk politik yang terpolarisasi, kematian akibat senjata api, ketegangan rasial, dan kesenjangan pendapatan.

2. China

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

US News mencatat bagaimana China dianggap sebagai negara terbesar kedua di dunia berdasarkan luas daratan dan memiliki ekonomi terbesar kedua di dunia.

Dikatakan bahwa China telah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia sejak reformasi pada tahun 1978, dan pertumbuhan ekonominya yang pesat diakui mampu mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan.

Namun pertumbuhan tersebut telah menimbulkan masalah, menurut US News, termasuk meningkatnya kesenjangan dan polusi di negara tersebut dan meningkatnya ketegangan dengan beberapa negara besar seperti Amerika, yang mengkritik catatan hak asasi manusia di negara tersebut.

China memiliki senjata nuklir dan merupakan anggota organisasi internasional besar seperti Organisasi Perdagangan Dunia dan Dewan Keamanan PBB, sehingga meningkatkan peringkat kekuatannya.

3. Rusia

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

Rusia mempertahankan peringkat ketiga dalam peringkat kekuatan Berita AS meskipun mengalami kesulitan dalam invasi ke Ukraina, yang diluncurkan pada Februari 2022.

Militer Rusia sedang mengalami kesulitan dan mengalami beberapa kemunduran yang memalukan, dan negara tersebut juga semakin terisolasi.

US News mengatakan bahwa sebagian kekuatan Rusia berasal dari ukurannya yang sangat besar, yang "sulit dibayangkan", karena Rusia adalah negara terbesar di dunia berdasarkan luas daratan.

Kedudukannya juga meningkat karena berbatasan dengan banyak negara, serta berbatasan laut dengan Jepang dan Amerika.

US News menunjuk pada industri besar Rusia seperti produksi minyak dan gas alam, pertanian, perikanan, dan manufaktur, serta sejarah negara tersebut sebagai eksportir senjata utama.

Laporan ini juga menunjukkan kontribusi Rusia terhadap kebudayaan dengan banyak penulis terkenalnya, dan terhadap sains dengan sejarah eksplorasi ruang angkasa.

Rusia juga merupakan anggota organisasi internasional besar seperti G20 dan Organisasi Perdagangan Dunia, serta anggota tetap Dewan Keamanan PBB, meskipun Rusia mengancam akan meninggalkan beberapa organisasi tersebut.

4. Jerman

Aliansi internasional Jerman yang kuat dan pengaruh ekonominya yang kuat dikutip oleh US News karena posisi peringkatnya yang tinggi, sama dengan posisi yang diduduki Jerman pada peringkat tahun lalu.

Disebutkan bahwa Jerman adalah “negara dengan jumlah penduduk terbesar di Uni Eropa” dan “memiliki salah satu perekonomian terbesar di dunia,” dengan Jerman menjadi salah satu importir dan eksportir terbesar di dunia.

Negara ini berbatasan dengan sembilan negara lain, dan merupakan bagian dari organisasi internasional besar, termasuk PBB, UE, NATO, dan OECD.

"Jerman juga telah melahirkan beberapa tokoh terkemuka dunia di bidang ilmu pengetahuan alam dan sosial, serta seni,” demikian analisis US News, dan Jerman juga memiliki “tenaga kerja yang berketerampilan tinggi dan makmur.”

Namun mereka mencatat bahwa negara ini mempunyai beberapa masalah seperti populasi yang menua.

5. Inggris

US News menyatakan Inggris memiliki pengaruh global yang kuat karena masa lalunya, ketika Inggris menguasai Kerajaan Inggris.

Pernyataan tersebut menggambarkan Inggris sebagai "negara yang sangat maju yang memiliki pengaruh ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan budaya internasional yang besar."

Hal ini juga menggambarkan London sebagai "pusat keuangan internasional utama dan salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia," dan mencatat bagaimana Inggris memiliki banyak universitas terkemuka di dunia.

Inggris juga merupakan bagian dari Organisasi Perdagangan Dunia, G20, NATO, dan Bank Dunia, dan merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, namun US News juga mengatakan bahwa "perannya di panggung global menghadapi pertanyaan baru" sejak saat itu. negara itu meninggalkan UE.

6. Korea Selatan

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

US News menunjuk pada militer Korea Selatan yang kuat dan ekspor yang kuat karena posisinya dalam peringkat kekuatan.

Negara ini adalah bagian dari banyak organisasi internasional, termasuk PBB, G20, Organisasi Perdagangan Dunia, dan Forum Regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

"Korea Selatan memiliki salah satu tabungan nasional bruto dan cadangan investasi asing terbesar di dunia,” demikian keterangan US News, Selain itu, ekspor mobil dan teknologinya yang besar, dimana negara tersebut merupakan rumah bagi kantor pusat Samsung, Hyundai, dan Kia.

US News menggambarkan “perekonomian Korea Selatan yang berteknologi tinggi dan berbasis jasa” sebagai “kisah sukses investasi asing,” dan mengatakan Korea Selatan kini menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

7. Prancis

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

US News mencatat perekonomian Perancis termasuk yang terkuat di dunia, dengan pariwisata memainkan peran kunci.

Dikatakan juga bahwa Perancis adalah salah satu negara yang paling banyak dikunjungi di dunia dan merupakan salah satu eksportir senjata terbesar di dunia.

“Prancis adalah salah satu negara tertua di dunia, dan jangkauannya meluas ke seluruh dunia melalui ilmu pengetahuan, politik, ekonomi, dan mungkin yang terpenting, budaya,” demikian keterangan US News.

Aliansi internasional yang kuat dan pengaruh ekonominya menjadi kunci peringkat kekuatannya, yang sama dengan tahun 2022.

8. Jepang

US News menggambarkan Jepang sebagai salah satu "negara yang paling melek huruf dan maju secara teknis".

Laporan tersebut mencatat bahwa negara tersebut memiliki perekonomian terbesar ketiga di dunia, dan merupakan salah satu produsen kendaraan, peralatan elektronik, dan baja terbesar di dunia.

Menurut mereka yang disurvei, pengaruh ekonomi Jepang adalah yang tertinggi keempat di dunia.

Peringkatnya tidak berubah dari tahun lalu.

9. Arab Saudi

Arab Saudi adalah pemasok minyak terbesar di dunia, menyumbang sekitar seperempat pasokan minyak global.

US News menambahkan bahwa negara tersebut adalah anggota pendiri OPEC dan anggota Organisasi Perdagangan Dunia, serta badan internasional lainnya.

Setiap tahun, jutaan umat Islam dari seluruh dunia melakukan ibadah haji ke Mekah, yang diyakini sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW dan tempat lahirnya Islam.

Arab Saudi naik dua tingkat dibandingkan tahun lalu, ketika berada di peringkat ke-11, dengan perhatian khusus diberikan pada pengaruh ekonomi dan politiknya.

10. Uni Emirat Arab

US News mencatat bahwa penemuan minyak Uni Emirat Arab pada pertengahan abad ke-20 telah dengan cepat mengubah perekonomiannya.

PDB per kapita UEA sekarang sebanding dengan negara-negara besar di Eropa Barat.

Negara ini memiliki perekonomian paling kompetitif di dunia Arab, menurut Forum Ekonomi Dunia.

Namun UEA turun satu peringkat dari peringkat tahun lalu, diambil alih oleh negara tetangga Arab Saudi.

11. Israel

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

Israel, meskipun ukurannya relatif kecil, telah memainkan peran penting dalam urusan global.

Indikator-indikator seperti angka harapan hidup, pendidikan, dan pendapatan per kapita, juga menunjukkan bahwa negara ini sangat maju.

Namun, perekonomian negara ini termasuk yang paling tidak setara di dunia Barat, dengan kesenjangan yang lebar antara masyarakat kaya dan miskin.

Menurut US News, negara tersebut dituduh melanggar hak asasi manusia dan terlibat dalam sengketa perbatasan yang berkelanjutan di sekitar wilayah Palestina yang diduduki.

Israel turun satu peringkat dari peringkat kekuatan tahun lalu, dengan pengaruh militer dan politik yang kuat menjadi atribut utama yang disoroti.

12. India

25 Negara Paling Kuat di Dunia pada 2023, Apakah Indonesia Masuk Peringkat?

Foto/Reuters

Naik satu tingkat dari tahun 2022, US News mencatat bahwa India adalah negara demokrasi terbesar di dunia dan memiliki perekonomian yang berkembang pesat dan beragam dengan tenaga kerja yang besar dan terampil.

Negara ini telah menjadi pusat layanan teknologi informasi, layanan outsourcing perusahaan, dan karyawan perangkat lunak yang penting berkat tenaga kerjanya yang berpendidikan dan berbahasa Inggris.

Indonesia juga merupakan negara terpadat kedua setelah China.

Kekuatan yang dirasakan India berasal dari ekspor dan pengaruh ekonominya.

13. Kanada

US News mengatakan Kanada adalah produsen minyak terbesar keempat di dunia dan memiliki cadangan minyak terbukti terbesar ketiga.

Laporan tersebut mencatat bahwa negara tersebut adalah “masyarakat industri berteknologi tinggi dengan standar hidup yang tinggi.”

Turun satu peringkat dari tahun 2022, responden yang disurvei menyoroti pengaruh ekonomi Kanada dan aliansi internasional yang kuat.

14. Ukraina

Ukraina, yang diinvasi oleh Rusia tahun lalu, adalah anggota organisasi internasional utama seperti PBB dan Organisasi Perdagangan Dunia.

Tiga sektor ekonomi terbesar di negara ini adalah jasa, industri, dan pertanian.

Ukraina telah memperoleh dukungan politik dan militer yang besar dari sekutu Barat seperti Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara anggota UE sejak invasi besar-besaran Rusia pada Februari 2022, dan telah dipuji secara global atas perlawanannya terhadap Rusia.

Namun invasi Rusia telah menghancurkan populasi, kota, dan industri, menyebabkan kerugian besar yang mungkin memerlukan waktu puluhan tahun untuk pulih.

Persepsi militer Ukraina yang kuat merupakan faktor utama dalam peringkat kekuatannya. Posisinya sama dengan tahun 2022.

15. Turki

US News mengatakan Turki diperkirakan menjadi salah satu anggota OECD dengan pertumbuhan tercepat di tahun-tahun mendatang.

Turki, selain menjadi anggota pendiri PBB dan OECD, adalah anggota NATO.

Namun laporan tersebut juga menemukan bahwa negara tersebut menghadapi pertempuran regional, terorisme, dan ketidakstabilan politik.

Turki naik dua peringkat dibandingkan tahun lalu yang menduduki peringkat ke-17, namun masih turun satu peringkat dari tahun 2021.

16. Italia

US News mencatat Italia memiliki perekonomian terbesar keempat di zona euro.

Negara ini terkenal dengan kota-kota bersejarahnya, masakannya yang terkenal di dunia, dan keindahan geografisnya, yang menjadikannya tujuan wisata yang ideal.

Namun kejahatan terorganisir, korupsi, melambatnya pertumbuhan ekonomi, dan tingginya pengangguran kaum muda dan perempuan masih menjadi masalah utama.

Terkait peringkat kekuatan negara ini, responden yang disurvei menunjukkan aliansi internasional, pengaruh ekonomi, dan ekspor yang kuat.

17. Australia

Australia adalah negara makmur dengan ekonomi berbasis pasar dan PDB serta pendapatan per kapita yang relatif tinggi.

Laporan ini mencatat keterlibatan Australia dalam kerja sama internasional melalui lembaga-lembaga seperti G20, Persemakmuran Bangsa-Bangsa, dan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik.

Negara ini dipandang memiliki aliansi internasional dan pengaruh ekonomi yang kuat.

18. Iran

Iran memiliki salah satu ekonomi terbesar di Timur Tengah.

Negara ini telah lama menarik perhatian negara-negara besar dunia karena lokasinya yang strategis, serta kekayaan minyak dan sumber daya alam lainnya.

Namun perekonomian Iran terus terdampak oleh isolasi, menurut US News, meskipun Iran memiliki 10% cadangan minyak dunia dan menjadi anggota pendiri OPEC.

Peringkat kekuasaannya sangat terkait dengan kekuatan militernya.

19. Brasil

US News mengatakan Brasil adalah "raksasa benua ini – baik dalam ukuran maupun populasi."

Hal ini menyoroti fakta bahwa ledakan ekonomi Brasil pada dekade pertama abad ke-21 menjadikannya salah satu perekonomian terbesar di dunia dalam hal PDB.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa negara ini merupakan salah satu tujuan wisata utama dunia, karena Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia, dan garis pantainya membentang lebih dari 7.600 mil.

Namun, US News mencatat bahwa negara tersebut sedang berjuang melawan kemiskinan dan korupsi yang terus berlanjut, yang berdampak pada sistem sosial, ekonomi, dan politik Brasil.

Peringkat kekuatan negara ini didorong oleh kuatnya ekspor dan pengaruh ekonominya.

20. Spanyol

US News mencatat Spanyol adalah anggota UE, NATO, PBB, OECD, dan Organisasi Perdagangan Dunia.

Pasar ekspor yang tangguh, serta upaya restrukturisasi yang didanai Uni Eropa pada tahun 2014, telah membantu Spanyol pulih dari resesi ekonomi yang parah pada tahun 2009.

Namun meski ada upaya untuk menerapkan reformasi ketenagakerjaan, pensiun, kesehatan, pajak, dan pendidikan, sekitar seperempat penduduk Spanyol masih menganggur.

Spanyol, yang dipandang memiliki aliansi internasional, ekspor, dan pengaruh ekonomi yang kuat, turun satu peringkat dibandingkan peringkat tahun lalu.

21. Swiss

Swiss adalah negara kecil namun salah satu negara terkaya di dunia.

Kuatnya perekonomian negara ini didorong oleh tarif pajak perusahaan yang rendah, sektor jasa yang sangat maju yang didominasi oleh jasa keuangan, dan industri manufaktur berteknologi tinggi.

Karena tradisi netralitasnya yang panjang, Swiss bukan anggota UE dan tidak mendukung salah satu pihak dalam dua perang dunia. Namun, US News mencatat bahwa sikap netralnya berarti Swiss adalah lokasi markas yang populer bagi organisasi-organisasi seperti Komite Palang Merah Internasional dan PBB.

Negara ini memiliki pengaruh ekonomi yang kuat dan aliansi internasional, menurut peringkat tersebut.

Meski begitu, Swiss turun satu peringkat dari peringkat tahun lalu.

22. Qatar

US News menyebutkan Qatar adalah salah satu negara terkaya di dunia, berkat cadangan minyak dan gas alamnya. Hasilnya, warga Qatar, yang jumlah penduduknya kurang dari 3 juta jiwa, menikmati standar hidup yang tinggi.

Laporan tersebut mencatat bahwa manufaktur, konstruksi, dan jasa keuangan menyumbangkan sedikit lebih dari setengah PDB negara tersebut, yang telah membantu perekonomian mengatasi penurunan harga minyak global.

Qatar telah mengembangkan dirinya sebagai pusat penelitian, dengan banyak perguruan tinggi bergengsi Amerika yang mendirikan kampus satelit di pinggiran Doha, tambahnya.

Peringkat kekuatan negara ini terutama diuntungkan oleh pengaruh ekonominya yang kuat, serta aliansi internasional dan pengaruh politiknya.

Naik satu tingkat dibandingkan tahun lalu.

23. Swedia

US News mengatakan komitmen Swedia terhadap hak asasi manusia, pelayanan publik, dan keberlanjutan telah menjadikannya pemimpin yang dihormati dalam urusan internasional.

“Perawatan kesehatan, serta pendidikan perguruan tinggi, gratis, dan masyarakatnya memiliki harapan hidup terpanjang di dunia,” demikian keterangan US News.

Hal ini juga mencatat kuatnya aliansi internasional dan pengaruh ekonomi Swedia, dan Swedia merupakan salah satu negara dengan wilayah terbesar di UE.

Negara ini naik satu peringkat dibandingkan peringkat tahun lalu.

24. Singapura

US News mengatakan Singapura, yang dijuluki sebagai salah satu dari "empat raksasa ekonomi Asia", telah mengalami pertumbuhan pesat, termasuk melalui industri elektronik dan farmasi yang berkembang pesat di negara tersebut.

Laporan tersebut mencatat bahwa Singapura adalah salah satu negara terkaya di dunia karena PDB per kapita yang tinggi dan tingkat pengangguran yang rendah. Namun, dikatakan bahwa keterbatasan ruang dan pesatnya pertumbuhan penduduk menambah kekhawatiran akan meningkatnya biaya hidup dan kesenjangan pendapatan.

Negara ini gagal masuk 25 besar pada tahun 2022 tetapi kembali masuk daftar tahun ini. Negara ini mendapat peringkat tinggi dalam hal pengaruh ekonomi dan kekuatan ekspornya, namun peringkatnya jauh lebih rendah dalam hal kekuatan militer.

US News juga menunjukkan bahwa keselamatan dan keamanan adalah kebanggaan utama negara ini, dimana warga Singapura dikenakan hukuman berat bahkan karena mengunyah permen karet dan membuang sampah sembarangan.

25. Belanda

US News mencatat, Belanda telah menjadi pionir kebijakan, termasuk menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Markas besar Pengadilan Kriminal Internasional dan Mahkamah Internasional berada di Den Haag, dan Belanda adalah salah satu pendiri UE dan NATO, dan merupakan pendukung kuat kedua organisasi tersebut.

Peringkat tersebut menyoroti kuatnya aliansi internasional negara ini, serta pengaruh ekonominya.

Meski begitu, meski Belanda telah membentuk masyarakat yang secara luas dipandang sebagai masyarakat yang toleran, kekhawatiran mengenai imigrasi menjadi lebih umum di kalangan beberapa politisi.

Peringkat negara ini turun satu tingkat dibandingkan peringkat tahun lalu, dari peringkat 24 menjadi peringkat 25.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)