Siap Menghadapi Ancaman Pertempuran Darat, India dan China Andalkan 3 Jenis Tank Ringan

Selasa, 04 Juli 2023 - 06:16 WIB
loading...
A A A
Awalnya, ada spekulasi bahwa India akan membeli 2S25 Sprut-SD dari Rusia, yang berulang kali menawarkan untuk mentransfer teknologi yang dibutuhkan untuk membangunnya. Tetapi pemerintah India telah mengindikasikan bahwa mereka menginginkan desain dalam negeri, sejalan dengan kebijakan "Make in India" Perdana Menteri Narendra Modi.

Akhir tahun lalu, Kementerian Pertahanan India menyetujui pembelian 315 tank, yang akan membentuk tujuh resimen. Media India telah melaporkan bahwa tentara India dapat meningkatkan pesanan menjadi hampir 700 tank.

Perusahaan multinasional India Larsen & Toubro diumumkan sebagai mitra pembangunan pemerintah pada bulan September, dan perusahaan tersebut mendapatkan kontrak untuk prototipe pertama pada bulan April. Tank ringan itu memiliki mesin mesin 800 tenaga kuda yang dibuat oleh anak perusahaan Jerman dari Rolls Royce dan meriam 105 mm yang dibuat oleh perusahaan Belgia.

Pejabat India mengatakan bahwa tank pertama akan siap untuk uji coba pada akhir tahun ini dan pesanan awal akan berjumlah 59 unit.

Dalam apa yang mungkin merupakan cerminan dari lawan yang dipikirkan tentara India untuk tank ringan barunya, upaya tersebut disebut "Proyek Zorawar", mengacu pada Zorawar Singh, seorang jenderal yang menaklukkan Ladakh dari penguasa Tiongkok pada awal abad ke-19.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)